Aksi Fenomenal Timnas Indonesia Sebelum Masuk Grup Neraka Kualifikasi Piala Dunia 2026

Gelandang Timnas Indonesia, Thom Haye saat mencetak gol ke gawang Filipina
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Timnas Indonesia berada di Grup C dalam lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde ketiga zona Asia. Hal itu diketahui usai pengundian resmi yang dilakukan oleh AFC di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis  27 Juni 2024.

Terpopuler: Hasil Drawing Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Daftar Tim Lolos 16 Besar EURO 2024

Skuad Garuda berada satu grup bersama Jepang, Australia, Saudi Arabia, Bahrain, dan China. Grup ini bisa dibilang grup neraka karena empat lawan timnas Indonesia merupakan pemilik ranking FIFA terbaik dari potnya masing-masing.

Jepang merupakan tim dengan peringkat tertinggi yakni 17 mengalahkan Iran (20) dan Korea Selatan (22). Australia jadi yang terbaik dari pot dua karena menghuni urutan ke-23.

Ini Kelebihan Timnas Indonesia dari Jepang, Australia dan Arab Saudi

Arab Saudi adalah pemilik ranking FIFA terbaik dari pot 3. Arab Saudi kini menempati urutan ke-56 ranking FIFA. Sedangan China yang berada diurutan ke-88 menjadi yang tertinggi dari pot 5.

Hanya Bahrain yang tak menempati posisi teratas. Posisi puncak dari pot 4 ditempati oleh Uni Emirate Arab (69). Sedangkan Bahrain menempati posisi terbawah yani berada diurutan ke-81.

Respons Jay Idzes Usai Timnas Indonesia Masuk Grup Neraka Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sedangkan Indonesia, timnas Indonesia tentu berada di urutan terbawah. Skuad Garuda kini menempati peringkat ke-134.

Sebelum tergabung di grup ini di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026, pasukan Shin Tae-yong sudah melakoni sejumlah pertandingan. Ada delapan laga telah dilalui oleh Asnawi Mangkualam, dkk.

Di antaranya diraih dengan lima kemenangan, satu hasil imbang dan dua kekalahan. Dua kali menang melawan Brunei Darussalam dengan skor identik 6-0, dua kali menang melawan Vietnam (1-0 dan 3-0), seri 1-1 melawan Filipina di kandang lawan, dan dua kali kekalahan melawan Irak (1-5 dan 0-2).

Harapan untuk lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini sempat tampak suram setelah pertandingan pembuka, karena Indonesia menderita kekalahan telak 5-1 dari Irak sebelum puas dengan hasil imbang 1-1 melawan Filipina. 

Namun kemenangan 1-0 melawan sesama tim, Vietnam, berkat gol Egy Maulana Vikri, dan kemenangan 3-0 pada pertandingan di Hanoi lima hari kemudian membuat mereka berada dalam posisi yang tepat untuk maju.

Tapi, Kekalahan 0-2 di tangan Irak pada pertandingan kedua terakhir membuat Tim Garuda memasuki pertandingan terakhir mereka dengan hanya unggul satu poin atas tim Vietnam, namun gol dari Thom Haye dan Rizky Ridho memastikan kemenangan melawan Filipina dan satu tempat. di babak ketiga.

Kini, meski berat, langkah menuju PIala Dunia itu semakin dekat dan singkat. Pada laga perdana, Indonesia akan terbang ke kandang Saudi Arabia di tanggal 5 September 2024.

Kemudian akan menjalani laga kandang di tanggal 10 September melawan Australia. Di tanggal 10 Oktober melawan Bahrain di kandang lawan, tanggal 15 Oktober berhelat ke Tiongkong, tanggal 14 November menjamu Jepang.

Di tanggal 19 November kedatangan Saudi Arabia, tanggal 20 Maret melawan Australia di kandangnya, tanggal 25 Maret menjamu Bahrain, di tanggal 5 Juni melawan Tiongkok dan terakhir dijamu Jepang tanggal 10 Juni.

Selain untuk Piala Dunia, para peserta nanti juga akan mengikuti ajang Piala Asia di Arab Saudi 2027 pada 12 Juni.

Pembagian Grup Kualifikasi Piala Dunia 2026 Ronde Ketiga Zona Asia:

Grup A:

Iran

Qatar

Uzbekistan

Uni Emirat Arab

Kirgizstan

Korea Utara

Grup B:

Korea Selatan

Irak

Yordania

Oman

Palestina

Kuwait

Grup C:

Jepang

Australia

Saudi Arabia

Bahrain

Tiongkok

Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya