Pesan Erick Thohir ke Shin Tae-yong usai Timnas Indonesia Masuk Grup Neraka Kualifikasi PIala Dunia

Shin Tae-yong dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir
Sumber :
  • Instagram Erick Thohir

VIVA – Timnas Indonesia akan berhadapan dengan para raksasa Asia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran ketiga. Skuad Garuda tergabung di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain dan China.

Hasil Timnas Indonesia U-16 Vs Laos U-16 di ASEAN Cup U-16 2024: Pesta Gol, Garuda Muda ke Semifinal

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan Timnas Indonesia siap memberikan kemampuan terbaiknya dalam bersaing dengan lima negara lainnya yang menggunakan format home and away ini.

Dia mengakui Indonesia berada di grup yang berat, namun Erick berpesan kepada pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong agar menggeber pemainnya supaya tidak kendor.

Hasil Babak Pertama Timnas Indonesia U-16 Vs Laos U-16: Skuad Garuda Jungkalkan Tim Xhad

"Harus diakui kita berada di grup yang berat. Cuma saya minta kepada pelatih dan timnas kita agar jangan kasih kendor. Ingat, bola itu bundar dan banyak sejarah bagaimana tim tidak diunggulkan bisa buat kejutan," kata Erick.

Dia pun mencontohkan sebagaimana yang terjadi di Piala Eropa 2024. Beberapa tim tampil mengejutkan seperti Austria dan Georgia yang berhasil lolos ke babak 16 besar.

"Lihat saja di Piala Eropa 2024 ini, bagaimana kiprah Austria atau Georgia. Jadi tetap melawan walau di grup berat," ujar Erick Thohir.

Erick tak lupa meminta dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia, agar Timnas Indonesia dapat menunjukkan penampilan terbaiknya dan terus menorehkan prestasi bahkan hingga lolos ke Piala Dunia.

Juara dan runner-up grup totalnya enam negara akan langsung lolos ke Piala Dunia 2026. Peringkat 3 dan 4 grup total enam negara akan ikut babak keempat. Babak keempat akan dibagi dua grup, juara grup langsung lolos ke Piala Dunia 2026. Sehingga total sudah delapan wakil Asia yang lolos.

Asia masih dapat menambah satu lagi menjadi sembilan wakil. Yakni Runner up babak keempat akan diadu. Pemenangnya akan melakoni laga Playoff dengan perwakilan dari benua lain. Pemenangnya lolos ke Piala Dunia 2026. Jika yang menang wakil Asia maka ada sembilan wakil Asia di Piala Dunia 2026.

Berikut hasil lengkap undian babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang menggunakan format home and away:

Grup A:
1. Iran
2. Qatar
3. Uzbekistan
4. Uni Emirat Arab
5. Kirgizstan
6. Korea Utara

Grup B:
1. Korea Selatan
2 . Irak
3. Yordania
4. Oman
5. Palestina
6. Kuwait

Grup C:
1. Jepang
2. Australia
3. Arab Saudi
4. Bahrain
5. Tiongkok
6. Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya