Hasil Drawing Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia Masuk Grup Neraka

Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Kuala Lumpur – Hasil drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 telah diketahui. Agenda tersebut berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Kamis 27 Juni 2024 pukul 14.00 WIB.

Erick Thohir Temui Menpora Malaysia Jelang Drawing Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Ada 18 tim yang akan bersaing di babak ketiga kualifikasi ajang bergengsi tersebut. Mereka dibagi ke dalam enam pot yang masing-masing diisi tiga tim. Timnas Indonesia sendiri masuk di pot enam bersama Korea Utara dan Kuwait. 

Link Drawing Kualifikasi Babak 3 PD 2026

Photo :
  • Youtube AFC

Pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, 18 tim tersebut akan dibagi ke dalam tiga grup. Setiap grup akan diisi oleh enam kontestan. Adapun Timnas Indonesia tergabung di Grup C. Tim asuhan Shin Tae-yong itu akan berhadapan melawan China, Bahrain, Arab Saudi,  Australia, dan Jepang.

Sementara itu, di Grup A ada Uni Emirat Arab (UEA), Korea Utara, Kyrgyzstan, Uzbekistan, Qatar dan Iran. Kemudian di Grup B ada Yordania, Oman, Palestina, Kuwait, Irak, dan Korea Selatan.

Persib Bandung Punya Bos Baru, Langsung Bidik Striker Timnas Indonesia

Di babak ketiga ini, dua tim teratas pada setiap grup akan dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2026. Sementara peringkat tiga dan empat grup mendapat kesempatan bersaing ke babak keempat kualifikasi. Adapun dua tim terbawah secara praktis ditetapkan gugur.

Drawing babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Photo :
  • AFC

Sebagai informasi tambahan, pada babak keempat, enam tim yang tercecar dari babak ketiga akan dibagi ke dua grup. Setiap juara grup akan dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2026 sementara masing-masing runner up grup akan diadu di babak kelima.

Terlepas dari itu, ini merupakan momen sejarah bagi Timnas Indonesia lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah sekian lama. Pencapaian itu ditandai dengan kemenangan Marselino Ferdinan dan kolega atas Filipina di babak kedua dengan skor 2-0 pada Juni 2024.

Tim Merah Putih juga menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang melangkah ke tahap tersebut. Selain itu, tim asuhan Shin Tae-yong itu juga pertama kali lolos ke putaran final Piala Asia 2027 tanpa jalur kualifikasi.

Hasil Drawing Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026:

Grup A:

Iran

Qatar

Uzbekistan

UEA

Kyrgyzstan

Korea Utara

Grup B:

Korea Selatan

Irak

Yordania

Oman

Palestina

Kuwait

Grup C:

Jepang

Australia

Arab Saudi

Bahrain

China

Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya