AFC Sorot Keikutsertaan Indonesia di Piala Dunia 1938: Negara Asia Pertama

Indonesia saat masih bernama Hindia Belanda di ajang Piala Dunia 1938
Sumber :
  • AFC

Jakarta – Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) menyorot keikutsertaan Indonesia-saat itu masih bernama Hindia Belanda di ajang Piala Dunia 1938.

Media Asing Ragu Timnas Indonesia Raih Tiket Piala Dunia 2026: Hanya Keberuntungan

AFC menyebut, Indonesia merupakan negara pertama yang mewakili negara-negara Asia dalam ajang FIFA World Cup.

Tim Hindia Belanda di Piala Dunia 1938

Photo :
  • Youtube/FIFA TV
Kenalin, Dua Pemain Keturunan Baru Timnas Wanita Indonesia

“Dua edisi Piala Dunia 1930 dan 1934 tanpa perwakilan Asia, Indonesia akhirnya mengibarkan bendera Asia di turnamen tersebut untuk pertama kalinya sebagai salah satu dari tiga negara non-Eropa yang ikut serta di edisi ketiga bersama Brasil dan Kuba,” tulis AFC dikutip Rabu 26 Juni 2024.

Saat itu Indonesia yang dipimpin oleh kapten Achmad Nawir langsung dihadapkan dengan pertandingan sulit menghadapi finalis Timnas Hungaria. Akibatnya wakil Asia tersebut kalah telak dengan skor 0-6.

Squid Game akan Diremake Versi Amerika oleh Sutradara Terkenal David Fincher

Kekalahan telak itu membuat Indonesia cuma tinggal sebentar di Prancis. Karena terjadinya Perang Dunia, Piala Dunia baru kembali digelar pada 1950, lagi-lagi tidak ada wakil Asia saat itu.

Kapten Hindia Belanda di Piala Dunia 1938, Achmad Nawir.

Photo :
  • flickr.com

Asia baru kembali unjuk gigi di Piala Dunia 1954, melalui keikutsertaan Korea Selatan. Namun, sama seperti Indonesia, Taeguk Warriors juga babak belur dan tersingkir di penyisihan grup. Saat itu Korea Selatan mengalami kekalahan telak 9-0 dari Hungaria

“Korea Selatan melakukan debut mereka di Swiss pada tahun 1954. Dan seperti halnya Indonesia, mereka menghadapi tim Hungaria yang menakjubkan dalam pertandingan pembuka mereka," lanjut AFC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya