Timnas Indonesia Bisa Lega, Shin Tae-yong Dilaporkan Batal Jadi Kandidat Kuat Pelatih Korea Selatan

shin tae-yong
Sumber :
  • Instagram

Jakarta – Para suporter Timnas Indonesia bisa bernapas lega. Sebab, sang pelatih kepala, Shin Tae yong, dilaporkan batal menjadi kandidat kuat juru taktik baru Timnas Korea Selatan.

Kontrak Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia Tinggal Menghitung Hari

Kabar tersebut ramai diungkapkan oleh sejumlah media asal Negeri Gingseng tersebut. Nama-nama media seperti Yonhap News Agency (YNA), News1, hingga Wikitree, kompak menyampaikan bahwa pihak Federasi Sepakbola Korea Selatan (KFA) saat ini mengerucutkan kandidat pelatih baru Taeguk Warriors-julukan Korea Selatan menjadi dua orang saja.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • ANTARA/RAUF ADIPATI
2 Fakta Menarik Pemain Timnas Indonesia Ragnar Oratmangoen yang Jarang Orang Tahu

Sebelumnya, mereka berambisi untuk menggaet pelatih asing. Namun upaya tersebut nyatanya dirasa tidak mudah sejak kepergian Jurgen Klinsmann Februari 2024 kemarin.

Rencananya mereka akan meminang pelatih-pelatih lokal Korea Selatan. Hal ini disadari sejak banyaknya juru taktik asal Negeri Gingseng tersebut yang bersinar di sejumlah negara terutama Asia Tenggara.

Pratama Arhan Masih Jadi Pemain Favorit di Thailand, Kembali Direkomendasi Gabung BG Pathum

Sebut saja Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia, Kim Pan-gon di Malaysia, serta Park Hang-seo dengan sejarah manisnya bersama Vietnam yang kini digantikan oleh Kim Sang-Sik. Peluang yang paling masuk akal bagi KFA untuk merekrut di antara pelatih-pelatih tersebut adalah Shin Tae-yong.

Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong

Photo :
  • Istimewa

Sebab, pria berusia 53 tahun itu diketahui belum teken perpanjangan kontrak di Timnas Indonesia yang bakal habis tahun ini. Namun rupanya niat itu tampaknya diurungkan melihat kedekatan Shin dengan Indonesia saat ini. 

Sementara itu, pelatih interim Timnas Korea Selatan, Kim Do-hoon, saat ini dirasa cukup baik. Sejak mengambil alih peran Jurgen Klinsmann, Kim tercatat belum pernah terkalahkan dalam dua pertandingan yang dihadapinya bersama Taeguk Warriors Juni 2024 (menang 7-0 Vs Singapura dan 1-0 vs China). 

Selain Kim, KFA juga punya satu nama lainnya yakni Hong Myung-bo. Pelatih klub K League 1, Ulsan Hyundai, itu juga punya pengalaman menukangi Taeguk Warriors sejak 2013 lalu dan pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) KFA pada 2017. 

“Pelatih Kim Do-hoon, yang untuk sementara memimpin pertandingan internasional dua pertandingan pada bulan Juni, dan pelatih Ulsan HD Hong Myung-bo diharapkan menjadi kandidat kuat untuk menjadi pelatih kepala tim nasional berikutnya,” tulis laporan YNA, Senin 24 Juni 2024.

“Yonhap News, News 1, dan JoongAng Ilbo baru-baru ini melaporkan bahwa pelatih Kim Do-hoon dan pelatih Ulsan HD Hong Myung-bo kemungkinan akan menjadi pelatih tim sepak bola nasional berikutnya,” lapor Wikitree. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya