Diikuti 225 Klub, Erick Thohir Harap Bali 7s Jadi Turnamen Sepakbola Anak Usia Dini Terbesar di Asia

Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat tiba di Bali United Training Center yang disambut oleh pemain bola anak usia dini
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

Gianyar – Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI ) Erick Thohir membuka Turnamen Bali 7s di Bali United Training Center (BUTC) Bali pada Sabtu, 22 Juni 2024. Turnamen itu diikuti oleh 12 ribu anak usia dini dari 225 klub di seluruh Indonesia, Thailand, Filipina dan Malaysia.

103 WN Taiwan Sindikat Scamming Bermarkas di Bali, Sasar Korban Warga Malaysia

Turnamen Bali 7s merupakan turnamen usia muda yang diikuti oleh tim sepak bola dari Asia Tenggara. Turnamen itu digelar sejak 21-23 Juni 2024. Ada 7 kategori pertandingan dalam laga terbesar Bali 7s yakni, 18 tim kategori U-8, 35 tim U-10, 53 tim kategori U-12, 56 tim kategori U-14, 33 tim kategori U-16, 22 tim kategori U-18 (Pro), dan 10 tim kategori putri.

"Saya juga apresiasi turnamen Bali 7s diikuti hampir 12 ribu anak dan orang tua yang hadir dari 225 klub. Bukan tidak mungkin ke depan akan jadi turnamen kelompok usia dini terbesar yang ada di Indonesia bahkan saya harapkan di Asia," kata Erick Thohir di BUTC, Gianyar, Bali, Sabtu, 22 Juni 2024.

BREAKING NEWS: Ketua Umum PSSI Erick Thohir Umumkan Perpanjangan Kontrak Shin Tae-yong

Erick Thohir juga berharap Bali 7s menjadi cikal bakal generasi muda untuk melakukan Training Camp (TC) sepak bola yang baik.

"Itu kenapa kita sekarang di PSSI terus melakukan pembinaan, training camp kepada anak usia dini, seperti kemarin kita saksikan kita menang lawan Singapura 3:0, tapi catatan yang saya banggakan, fisik dan mental pemain bisa baik," jelasnya.

Klub Milik Erick Thohir dan Anindya Bakrie Boyong Pemain Jebolan Chelsea

Erick mengatakan, metode pembinaan sepak bola perlu diperbaiki secara menyeluruh. Kesempatan bertanding harus diperbanyak agar usia dini lebih banyak menyentuh bola.

"Semakin banyak anak-anak bermain dalam usia muda, mereka akan mengerti permainan, yang pertama banyak menyentuh bola dan kebersamaan, baru setelah 12-14 tahun meningkatkan individu skill," jelas Erick.

"Kami dari PSSI senang, ini bukti kami membangun sepak bola ini tidak sendirian, kami membangun dari seluruh stakeholder sepak bola," imbuhnya.

Erick menambahkan, hal itu menjadi bagian komitmen PSSI bahwa sepak bola tumbuh dari bawah. Pertumbuhan grassroot sepak bola menjadi prioritas.

"Mudah-mudahan Bali bersama Bali United didukung oleh PSSI dan sponsor bisa menjadikan Bali7s ini sebagai turnamen terbesar di Asia Tenggara," kata Erick Thohir.

Turnamen Bali 7s diselenggarakan sekaligus peresmian Bali United Training Center (BUTC), Pantai Purnama, Gianyar, Bali oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Sementara, Management Bali United Pieter Tanuri mengatakan, timnas yang menunjukkan kemajuan dalam sepak bola akan membuka peluang munculnya bibit baru di bidang persepakbolaan tanah air.

"Mereka akan dilihat oleh banyak orang dan semakin banyak usia muda mau menjadi pesepakbola. Nantinya, bibit baru ini akan semakin berani mengikuti turnamen," kata Pieter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya