Shin Tae-yong Diisukan Jadi Kandidat Pelatih Timnas Korea Selatan

shin tae-yong
Sumber :
  • PSSI

Jakarta – Nasib kelanjutan kontrak Shin Tae yong sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia saat ini masih mengambang. Kini pria berusia 53 tahun itu pun diisukan menjadi kandidat pelatih Timnas Korea Selatan.

Tampil di Acara Fan Meeting, Byeon Woo Seok Menangis

Rumor tersebut dihembuskan oleh salah satu media asal Negeri Gingseng, Wikitree. Jurnalis Korea Selatan, Kim Tae-sook, bahkan dikabarkan menyebut Shin sudah menjadi kandidat kuat juru taktik Taeguk Warriors-julukan Korea Selatan- yang baru sejak Mei lalu.

Marselino Ferdinan dan Shin Tae-yong

Photo :
  • PSSI
Ke Jakarta Minggu Depan, Ahn Bo Hyun: Malem Mingguan Yuk Neng Sama Abang!

Dalam pernyataannya, Kim mengabarkan ada seorang manajer K-League yang memberikan kabar tersebut. Shin Tae-yong dinilai menjadi sosok yang paling masuk akal untuk direkrut sebagai pelatih Timnas Korea Selatan yang baru.

“Baru-baru ini, karena negosiasi perpanjangan kontrak antara Shin Tae-yong dan Indonesia menjadi lamban. Sering kali muncul reaksi yang menanyakan mengapa mereka tidak memperhatikannya secara diam-diam,” tulis laporan Wikitree yang juga diberitakan media Malaysia, Makan Bola, Jumat 21 Juni 2024.

Sanksi AFC: Shin Tae-yong, Justin Hubner dan Ivar Jenner Terancam Hukuman Lebih Berat

“Mei lalu, seorang manajer K-League yang tak disebutkan namanya membuat pernyataan itu. Sulit untuk merekrut pelatih asing dan mengesampingkan pelatih lokal karena berkiprah di K-League. Dia merupakan salah satu pilihan paling masuk akal. Salah satunya adalah Shin Tae-yong,” lanjut kabar tersebut.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • ANTARA/RAUF ADIPATI

Sebagaimana diketahui, saat ini Timnas Korea Selatan kehilangan sosok pelatih kepala utama sejak ditinggal Jurgen Klinsmann Februari 2024 lalu. Shin sendiri merupakan tokoh yang tak asing di mata sepak bola Korea Selatan.

Dia bahkan mampu memberikan kejutan bersama Taeguk Warriors di Piala Dunia 2018 lalu. Timnas Korea Selatan mampu menghajar Jerman yang notabene tim juara Piala Dunia empat kali (1954, 1974, 1990, dan 2014) dengan skor 2-0.

Di sisi lain, Shin juga sedang naik daun di Indonesia. Dia berhasil mencatatkan sejumlah rekor baru dalam sejarah Timnas Indonesia. Terbaru, Shin sukses membawa Skuad Garuda lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dia juga menjadi pelatih pertama yang memboyong Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2027 tanpa jalur kualifikasi. Kini kabar Shin sebagai pelatih Timnas Indonesia kedepannya kembali menjadi pertanyaan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya