Fisik dan Mental Pemain Timnas Indonesia U-16 Dipuji Tangguh, Regenerasi Apik Nova Arianto

Fardan Ary Setyawan saat laga Timnas Indonesia U-16
Sumber :
  • istimewa

Solo – Fisik dan mental pemain Timnas Indonesia U-16 dipuji tangguh. Hal ini bisa dilihat dari kualitas para penggawa Garuda Muda pada laga perdana mereka di ASEAN Cup U-16 2024 melawan Timnas Singapura U-16.

Marselino Ferdinan Bisa Duet dengan Jebolan Liverpool Jika Gabung Oxford United

Tim asuhan Nova Arianto itu berhasil memetik poin penuh. Timnas Indonesia U-16 menang tiga gol tanpa balas pada laga yang berlangsung Jumat 21 Juni 2024 di Stadion Manahan, Solo.

Timnas Indonesia U-16

Photo :
  • PSSI
Polusi Udara Jakarta Jadi Sorotan Pemain Keturunan Timnas Indonesia

Kemampuan fisik dan mental para pemain muda Tim Merah Putih itu pun menjadi sorotan. Tidak sedikit yang melontarkan pujian atas kualitas permainan Timnas Indonesia U-16.

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, pun mengakui dua kemajuan tersebut. Pencapaian itu dinilai menjadi sebuah langkah cerah bagi perkembangan Timnas Indonesia ke depannya.  

Kontrak Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia Tinggal Menghitung Hari

"Memang ada beban di 15 menit pertama, tapi setelah itu mereka bermain baik. Ada dua hal positif dari timnas tadi, fisik bagus dan mental juga baik,” ungkap Erick usai laga dalam laporan Antara, Sabtu 22 Juni 2024.

Timnas Indonesia U-16

Photo :
  • Situs Resmi PSSI

Meski demikian, Timnas Indonesia U 16 juga diminta agar tidak cepat berpuas diri. Sebab perjalanan yang mereka bakal hadapi masih sangat panjang. Di lain sisi, kemenangan atas Singapura U-16 juga dirasa terlalu dini untuk dirayakan.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-16 tergabung di Grup A bersama Singapura U-16, FIlipina U-16, dan Laos U-16. Ada sebanyak 23 pemain yang memperkuat Skuad Garuda muda tersebut.

Pertandingan perdana Timnas Indonesia U-16 di ASEAN Cup U-16 2024 itu turut dihadiri pula oleh Wapres RI terpilih untuk periode 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka, dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo.

Permainan Timnas Indonesia U-16 secara keseluruhan dinilai baik. Sang kiper, M Ichsan, sukses menghalau tendangan penalti yang didapat lawan pada menit ke-29.

Skuad Garuda U-16 pun membuka keunggulan lewat gol Putu Panji di menit ke-39. Adapun dua gol sisanya diciptakan oleh Evandra Florasta (65’) dan Fadly Alberto (89’).

Kekuatan fisik dan mental para pemain Timnas Indonesia U-16 saat ini tentu tidak lepas dari latihan keras yang diberikan sang pelatih. Hal ini juga diyakini buah dari pengalaman Nova sebagai asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia senior yang dikenal keras menggenjot fisik pemain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya