Erick Thohir Minta Rumput GBK Punya Kualitas Setara Stadion Piala Eropa 2024: Harus!

Menteri BUMN Erick Thohir di GBK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta – Ketua umum PSSI, Erick Thohir meminta kualitas rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dibuat setara rumput lapangan di Piala Eropa 2024.

Marselino Ferdinan Bisa Duet dengan Jebolan Liverpool Jika Gabung Oxford United

"Kalau kita lihat (laga) Euro 2024 tadi malam (rumput lapangan) bagus, ya GBK juga harus gitu," ujar Erick kepada awak media di Jakarta, Jumat 21 Juni 2024.

Erick melanjutkan, laga Timnas Indonesia dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada September 2024 mendatang digeser ke Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur.

Polusi Udara Jakarta Jadi Sorotan Pemain Keturunan Timnas Indonesia

Kondisi Rumput Stadion GBK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pertandingan yang awalnya dijadwalkan di SUGBK harus digeser ke Surabaya lantaran ada kunjungan Sri Paus Fransiskus ke Jakarta pada bulan yang sama.

PDIP Bakal Tutup Bulan Bung Karno di GBK, Begini Rangkaian Acaranya

Erick menyampaikan, setelah bermain di Surabaya, Thom Haye dan kawan-kawan akan kembali ke SUGBK pada Oktober dan November.

Sebelum timnas Indonesia kembali ke SUGBK, Erick berharap kualitas rumput sudah diperbaiki menjadi bagus atau tidak keras dan kering seperti saat menghadapi timnas Filipina.

“Nanti Oktober, November, (timnas Indonesia kembali) ke GBK, saya berharap kualitas rumput GBK harus dipertanggungjawabkan,” tegasnya.

Hingga kini belum diketahui siapa lawan Timnas Indonesia di putaran ketiga. Hal ini baru diketahui setelah drawing pada 27 Juni 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dalam drawing itu, 18 negara yang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia bakal dibagi ke dalam 3 grup yang beranggotakan 6 tim.

Kondisi Rumput Stadion GBK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Nantinya, anak-anak asuh Shin Tae yong bakal melakoni 10 pertandingan di putaran ketiga mulai dari September 2024 hingga Juni 2025.

Di putaran ketiga nanti, juara grup dan runner up bakal mengantongi tiket ke Piala Dunia 2026.

Sementara peringkat ketiga dan keempat akan dibagi ke dalam dua grup yang bersaing merebutkan peringkat pertama untuk tampil di Piala Dunia 2026.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya