PSSI Sampaikan Kabar Baik, Maarten Paes Dipastikan Punya Peluang Perkuat Timnas Indonesia

Kiper FC Dallas, Maarten Paes
Sumber :
  • AP Photo/Abbie Parr

VIVA – Maarten Paes belum juga bisa memperkuat Timnas Indonesia. Padahal, dia sudah resmi menjadi WNI pada akhir April 2024 lalu.

3 Alasan Nova Arianto Dinilai Cocok Pimpin Timnas Indonesia di Piala AFF 2024, Ada Efek STY

Masalahnya, kiper FC Dallas itu terganjal Statuta FIFA Pasal ke-9 tentang Perpindahan Asosiasi huruf b ayat ketiga. 

"Ketika diturunkan dalam pertandingan resmi terakhirnya dalam kompetisi apa pun untuk asosiasinya saat ini, ia belum menginjak usia 21 tahun," bunyi Statuta FIFA Pasal ke-9.

Timnas Indonesia Dijamu di Venue Pembantaian Terbesar Arab Saudi untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Paes pernah enam kali bermain untuk Timnas Belanda U-21, dan penampilan terakhirnya terjadi dalam usia 22 tahun ketika melawan Timnas Belarusia dalam Kualifikasi Euro U-21 2021 pada 15 November 2020.

Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga memberikan kabar baik soal peluang Paes. Dia menyebut masih ada peluang sang pemain untuk menjadi bagian dari skuad Garuda.

Bawa Persib Bandung Juara Liga 1, Edo Febriansah Bertekad Comeback ke Timnas Indonesia

"Perkembangan Maarten Paes masih dicoba terus. Di FIFA masih ada peluang, di CAS juga ada peluang. Berbarengan semua. Kami harus menunggu waktu dari mereka," tutur Arya Sinulingga.

"Kami berharap begitu. Apalagi Maarten Paes sudah menjadi WNI dan telah lengkap semuanya. Kalau tidak ada celah tidak diajukan ke CAS," imbuh Arya Sinulingga.

Maarten Paes diharapkan sudah bisa membela Timnas Indonesia dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada September 2024. Artinya, PSSI masih mempunyai waktu sekitar tiga bulan lagi untuk merampungkan permasalahannya.

"Kalau kami tidak mencoba dia menjadi WNI, malah kami tidak memiliki kesempatan untuk memperjuangkan dia. Sebab, kami tidak bisa memperjuangkannya kalau bukan WNI. Ini kan harus berani. Apapun mesti dilakukan," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya