PSSI Sebut Peluang Elkan Baggott Main di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Masih Terbuka Lebar

Elkan Baggott bersama Bristol Rovers
Sumber :
  • instagram.com/official_brfc

Jakarta – Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga mengatakan peluang Elkan Baggott bermain di Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia masih terbuka lebar.

Reaksi Erick Thohir Soal Selebrasi Provokatif Timnas Australia U-16: Kita Dilecehkan

Baggott disebut dapat bergabung dengan skuad Shin Tae yong pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 5 September 2024 hingga 10 Juni 2025 mendatang. 

"Tinggal pelatih yang menentukan apakah dibutuhkan atau tidak dibutuhkan," ucap Arya kepada wartawan di Jakarta Jumat, 21 Juni 2024.

2 Atlet Renang Lolos, Berikut Daftar 29 Wakil Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Shin Tae-yong, Pelatih Timnas Indonesia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Lebih lanjut, Arya membantah rumor yang menyebut hubungan Shin Tae-yong dan Elkan Baggott sedang renggang akibat sang pemain tak merespons panggilan memperkuat Timnas Indonesia U23. 

Australia Ungkit Pembantaian Timnas Indonesia dengan Nada Khawatir

Elkan Baggott dipanggil ketika Timnas Indonesia berlaga di playoff Olimpiade 2024 pada Mei lalu. Akan tetapi menurut pengakuan Shin Tae-yong dan PSSI, sang pemain serta klubnya, Ipswich Town tidak merespons.

Padahal, ketika itu Elkan Baggott sudah memasuki libur kompetisi, dan pemain 194 cm tersebut sedang berlibur bersama kekasihnya. 

Rumor itu semakin kuat setelah Elkan tidak dipanggil untuk dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, pada awal Juni ini. 

Bahkan, Shin Tae-yong enggan menjelaskan alasannya, serta menyuruh awak media menanyakan langsung kepada Elkan kenapa ia tidak dipanggil memperkuat Timnas Indonesia.

Publik sepakbola nasional pun bertanya-tanya, di media sosial riuh menduga-duga bahwa Elkan tidak akan lagi memperkuat Timnas Indonesia. Maklum, Shin Tae-yong selama ini terkenal sebagai pelatih yang sangat disiplin.

Duel Elkan Baggott dari Indonesia dengan Mohanad Ali Kadhim dari Irak

Photo :
  • AP Photo/Hussein Sayed

Terkait rumor tersebut, Arya Sinulingga menegaskan bahwa hubungan Shin Tae-yong dan Elkan Baggott sebenarnya baik-baik saja.  "Saya rasa hubungan (Elkan Baggott dan shin Tae-yong) oke-oke saja ya," tegas Arya.

Bicara soal tidak adanya nama Elkan dalam skuad Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Arya menilai hal ini tidak berkaitan dengan rumor retaknya hubungan antara Elkan dan pelatih. 

"Ini soal pilihan pelatih saja, cocoknya di mana. Jadi pokoknya dia tersedia, habis itu ya tinggal keputusan pelatih," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya