PSSI Ungkap Hubungan Elkan Baggott dan Shin Tae-yong

Duel Elkan Baggott dari Indonesia dengan Mohanad Ali Kadhim dari Irak
Sumber :
  • AP Photo/Hussein Sayed

VIVA – Hubungan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dan Elkan Baggott dikabarkan merenggang setelah sang pemain sempat tak merespons panggilan memperkuat Timnas Indonesia U-23.

Indonesia Masuk Grup Neraka Kualifikasi Piala Dunia, Erick Thohir: Lihat Austria di Euro 2024

Elkan Baggott dipanggil ketika Timnas Indonesia berlaga di playoof Olimpiade 2024 pada Mei lalu. Akan tetapim menurut pengakuan Shin Tae-yong dan PSSI, sang pemain dan klubnya, Ipswich Town tidak merespons.

Padahal, ketika itu Elkan Baggott sudah memasuki libur kompetisi, dan pemain 194 cm tersebut sedang berlibur bersama kekasihnya.

Indonesia Masuk Grup Neraka Kualifikasi Piala Dunia, Pengamat: Masih Ada Putaran 4

Rumor itu semakin kuat setelah Elkan tidak dipanggil untuk dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, pada awal Juni ini. 

Bahkan, Shin Tae-yong enggan menjelaskan alasannya, serta menyuruh awak media menanyakan langsung kepada Elkan kenapa ia tidak dipanggil memperkuat Timnas Indonesia.

ASEAN Cup U-16 Jadi Kawah Candradimuka Skuad Timnas Indonesia U-16

Publik sepakbola nasional pun bertanya-tanya, di media sosial riuh menduga-duga bahwa Elkan tidak akan lagi memperkuat Timnas Indonesia. Maklum, Shin Tae-yong selama ini terkenal sebagai pelatih yang sangat disiplin.

Menanggapi rumor tersebut, Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga mengatakan bahwa hubungan Shin Tae-yong dan Elkan Baggott sebenarnya baik-baik saja. "Saya rasa hubungan oke-oke saja ya," kata Arya kepada wartawan.

"Ini soal pilihan pelatih saja, cocoknya di mana. Jadi pokoknya dia tersedia, habis itu ya tinggal keputusan pelatih," ujarnya, menambahkan.

Arya menambahkan bahwa peluang Baggott membela Timnas Indonesia pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia tetap terbuka.

Rencananya, putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia mulai bergulir pada 5 September 2024 hingga 10 Juni 2025. "Tinggal pelatih yang menentukan apakah dibutuhkan atau tidak dibutuhkan," ucap Arya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya