Amankan Piala AFF U-16 di Solo, Polda Jateng Kerahkan 1.068 Personel

Polda Jateng gelar apel pasukan pengamanan Piala AFF U-16 di Stadion Manahan, Solo, Kami, 20 Juni 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo – Sebanyak 1.068 personel gabungan dari Polda Jawa Tengah dikerahkan untuk menjaga keamanan selama berlangsungnya perhelatan Piala AFF U-16 2024 di Solo. Pertandingan kejuaraan sepakbola antar negara di kawasan Asia Tenggara itu akan mulai digelar pada 21 Juni hingga 4 Juli 2024.

Paul Pogba: Saya Sudah Habis, Mati!

Sebelum pertandingan kejuaraan Piala AFF U-16 2024 digelar, Polda Jawa Tengah menggelar apel pasukan pengamanan operasi Aman Makutha 2024 di area parkir Stadion Manahan, Solo, Kamis, 20 Juni 2024. Apel tersebut diikuti dari berbagai satuan tugas di lingkungan Polda Jawa Tengah.

Karo Ops Polda Jateng Kombes Pol Basya Radyananda menyebutkan jumlah personel untuk mengamankan Piala AFF U-16 di Solo masih kalah jauh dibandingkan dengan jumlah personel saat pengamanan Piala Dunia U-17 2023 lalu yang digelar di Stadion Manahan, Solo.

Berkedok Game, Polisi Berhasil Ungkap Judi Online di Jateng-502 Set Komputer Disita

Meski demikian, pengamanan untuk event tersebut tetap dilakukan secara ketat.

Stadion Manahan Solo

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq
Golkar Pastikan Putri Akbar Tandjung Fokus di Pilkada Surakarta

“Memang secara umum konsepnya sama namun kita melihat situasional dan kondisi PSSI maka ada hal-hal yang kita turunkan seperti jumlah personel. Jumlah personel yang tahun (Piala Dunia U-17) sampai 6.000 petugas, kini hanya 1.068 personel,” ujarnya.

Menurutnya, para personel akan bertugas untuk mengamankan negara peserta kejuaraan sepakbola tingkat kawasan Asia Tenggara itu sesuai dengan satuannya masing-masing. Pasukan tersebut dari satgas pengawalan, satgas akomodasi, satgas pengamanan untuk lapangan dan pertandingan.

Para petugas telah diturunkan sejak masing-masing tim tiba di Solo untuk mengikuti Piala AFF U-16.

“Maka tentunya cara bertindak kita yang pertama, kita menggelar tugas pengamanan dan pengawalan peserta. Itu untuk menjamin hilir mudik delegasi kontingen sejak kedatangan di bandara sampai dengan menginap di hotel, kemudian ke lapangan latihan dan sebaliknya itu aman,” ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya