Bukan Persija, Dewa United Sumbang Pemain Muda Terbanyak di Timnas Indonesia U-16

Timnas Indonesia U-16
Sumber :
  • Situs Resmi PSSI

Solo – Salah satu klub pendatang Liga 1, Dewa United, menjadi penyumbang pemain muda terbanyak di Timnas Indonesia U-16. Klub yang baru eksis di kasta tertinggi Liga Indonesia mulai musim 2022-2023 itu ternyata punya kualitas penggawa muda yang mumpuni.

Kartu Merah jadi Biang Kerok Kekalahan Timnas Indonesia U-16 Lawan Australia

Setidaknya ada enam pemain didikan Dewa United yang dipilih untuk memperkuat Timnas Indonesia U-16 asuhan Nova Arianto di ASEAN Cup U-16 2024. Keenam perwakilan klub tersebut mengisi posisi bek, gelandang, hingga striker Skuad Garuda Muda.

Nova Arianto

Photo :
  • VIVA / Yudhi Maulana
Hasil Timnas Indonesia U-16 Vs Australia U-16 di ASEAN Cup U-16 2024: Langkah Garuda Muda Terhenti

Di lini belakang, ada tiga pemain Dewa United yang tergabung. Mereka di antaranya ada Azizu Milanesta, Andi Faith, dan Raihan Apriansyah. Sementara di posisi gelandang ada satu pemain yakni Tristan Raissa.

Kemudian dua sisanya berperan sebagai penyerang. Kedua pemain yang dimaksud adalah Daniel Alfredo dan Muhammad Mierza. 

Indra Sjafri Beberkan Alasan Jens Raven Belum Gabung Latihan Timnas Indonesia U-19

Adapun tim terbanyak kedua yang menyumbang pemain di Timnas Indonesia U-16 adalah Persija Jakarta. Tercatat ada tiga pemain muda Persija yang lolos seleksi dan tergabung dalam 23 nama panggilan untuk ASEAN Cup U-16 2024.

Nova Arianto dan Shin Tae-yong

Photo :
  • PSSI

Ketiga pemain itu tersebar di posisi striker dan bek. Dua pemain yang berperan sebagai penyerang adalah Muhamad Zahaby dan Fandi Ahmad serta satu sisanya adalah Fabio Azkairawan sebagai pemain bertahan.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia U 16 nantinya akan melakoni laga pertama mereka di ASEAN Cup U-16 2024 pada Jumat 21 Juni 2024. Mereka bakal berhadapan melawan Timnas Singapura U-16 pada laga yang digelar di Stadion Manahan, Solo.

Selain Singapura U-16, Skuad Garuda muda juga bakal meladeni Filipina U-16 dan Laos U-16 di Grup A. Ini menjadi momen para penggawa muda Timnas Indonesia dalam menambah pengalaman dan mengembangkan diri.

Gaya bermain Timnas Indonesia U-16 pun diyakini bakal setipe dengan karakter tim senior. Sebab, Nova sendiri merupakan asisten pelatih kepala Timnas Indonesia senior, Shin Tae-yong. Ilmu yang didapat selama membantu Shin pun dipercaya bakal diterapkan pada tim kelompok umur tersebut. Menarik untuk melihat kiprah Skuad Garuda muda nantinya.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya