2 Pemain Diaspora yang Perkuat Timnas Indonesia U-16 di ASEAN Cup 2024, Calon Murid Shin Tae-yong?

Timnas Indonesia U-16
Sumber :
  • PSSI

Solo – Ada dua pemain diaspora alias keturunan yang saat ini memperkuat Timnas Indonesia U-16. Mereka masuk dalam 23 nama panggilan dalam menatap ajang ASEAN Cup U-16 2024 di bawah naungan pelatih kepala, Nova Arianto.

Aksi Fenomenal Kosta Rika di Grup Neraka Piala Dunia 2014 Bisa Jadi Contoh Timnas Indonesia

Skuad Garuda muda sendiri dijadwalkan mentas pertama melawan Timnas Singapura U-16. Pertandingan tersebut digelar di Stadion Manahan, Solo, pada Jumat 21 Juni 2024. Selain Singapura U-16, Timnas Indonesia U-16 juga akan berhadapan melawan Filipina U-16 dan Laos U-16 di Grup A.

Salah satu pemain diaspora yang masuk dalam pilihan Nova kali ini adalah Mathew Baker. Bek muda satu ini merupakan pemain yang menimba ilmu di Melbourne City, Australia.

Timnas Indonesia di Grup Berat, Ustaz Adi Hidayat: Sesudah Kesulitan Ada Kemudahan, Pasti Bisa!

Mathew Baker

Photo :
  • Instagram

Melansir dari berbagai sumber, pemain bernama lengkap Mathew Sitorus Baker ini dikenal serba bisa. Selain menguasai perannya sebagai bek tengah, pemain kelahiran 2009 itu juga mampu mengisi posisi sebagai bek kiri hingga gelandang bertahan. 

Reaksi Media Korea Selatan usai STY Perpanjang Kontrak di Timnas Indonesia

Mathew punya darah keturunan Australia-Indonesia. Sang ibu diketahui berasal dari Jakarta. Namun tidak sedikit yang meyakini Mathew juga punya keturunan dari Sumatera Utara jika merujuk pada namanya, Sitorus, yang diketahui berasal dari salah satu marga daerah tersebut.

Pilihan Nova ini pun diyakini bisa menjadi calon murid pelatih Timnas Indonesia senior, Shin Tae-yong. Mengingat sebagai asisten pelatih di tim senior, Nova sejatinya merupakan sosok yang kerap dekat dengan juru taktik asal Korea Selatan itu. 

Selain Mathew, Nova juga melirik satu pemain keturunan lainnya. Sosok yang dimaksud adalah Lucas Raphael Lee. Pemain satu ini tergabung di salah satu klub akademi Amerika Serikat (AS), De Anza Force.

Lucas Raphael

Photo :
  • Instagram

Klub yang dibela Lucas tersebut merupakan salah satu kontestan di MLS Next U-16 AS. Lucas berperan sebagai gelandang. Perannya tersebut pun tampaknya bisa menjadi rekomendasi berikutnya untuk Shin Tae-yong di Timnas Indonesia senior kedepannya.

Terlepas dari itu, Skuad Garuda senior terbaru telah kedatangan pemain keturunan yang berkarier di klub Belanda bersama NEC Nijmegen. Pemain yang dimaksud adalah Calvin Verdonk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya