Ernando Ari Ngaku Sempat Jadi Striker, Pernah Jadi Top Skor

Kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari
Sumber :
  • Instagram @afcasiancup

Jakarta – Penjaga gawang Timnas Indonesia, Ernando Ari, mengaku pernah berposisi sebagai seorang striker. Dia bahkan bercerita dirinya sempat menjadi top skor dan membawa tim juara.

Maarten Paes Masuk Tim MLS All Star 2024, Bakal Satu Tim dengan Lionel Messi

Masa itu terjadi ketika dirinya masih menduduki bangku sekolah dasar (SD). Ernando dipercaya sebagai penyerang karena kemampuan individunya dalam mengolah kulit bundar.

Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi

Photo :
  • AP Photo/Hussein Sayed
'Gol Bunuh Diri' Jadi Top Skor Sementara EURO 2024

Namun pemain milik Persebaya Surabaya ini tiba-tiba berubah peran menjadi kiper. Hal itu mulanya karena Ernando terpaksa menggantikan posisi kiper yang ditinggal temannya karena sakit.

Dalam ceritanya, alasan Ernando ditunjuk sebagai sosok yang dipercaya menjaga gawang karena saat itu secara fisik tubuhnya lebih tinggi di antara kebanyakan rekan-rekannya. Posisi itu pun kini tersemat setelah mendapat saran dari pelatih.

PSS Sleman Rekrut Bek Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto, Kembalinya Si Anak Hilang

Ernando dinilai memiliki bakat sebagai penjaga gawang. Alhasil nasihat itu dia bawa hingga dirinya kini menjadi kiper utama Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

Kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari gagalkan penalti

Photo :
  • Instagram @timnas.indonesia

“Dulu aku tuh bukan kiper, tapi striker. Terus tiba-tiba jadi kiper jalan kelas 3 SD. Aku striker tuh pernah jadi top skor, terus juara. Gak ada kepikiran mau jadi kiper. Itu karena tiba-tiba kipernya sakit aja waktu itu. Aku paling tinggi dulu waktu kecil, dicoba jadi kiper terus dibilang pelatih ada bakat di sana,” ungkapnya dalam wawancara kanal Youtube Sport77 Official, dipetik Rabu 19 Juni 2024.

Ernando sendiri telah bergabung dengan tim muda Persebaya Surabaya sejak 2018 lalu. Dia juga diketahui pernah mengikuti progra Garuda Select pada 2019. Kiper berusia 22 tahun itu pun dipercaya membela tim utama Persebaya sejak Januari 2020.

Di Timnas Indonesia, Ernando telah tampil 13 kali sejauh ini. Debutnya dengan Tim Merah Putih dimulai pada akhir 2021 lalu. Adapun di Timnas Indonesia U-23, Ernando dipercaya menjaga gawang sebanyak 19 kali.

Namanya kian mentereng saat dirinya berhasil menghalau penalti Australia U-23 di Piala Asia U-23 2024. Pada momen itupun Timnas Indonesia U-23 juga sukses menghajar tim muda Socceroos dengan skor 1-0.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya