Shin tae-yong Salah Besar Sebut Timnas Indonesia Tim Terendah di Kualifikasi Piala Dunia zona Asia

Shin Tae-yong
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

VIVA – Pelatih Shin Tae-yong menyebut Timnas Indonesia menjadi tim terendah dalam rangking FIFA di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Padahal kenyataanya, pelatih asal Korea Selatan itu salah besar.

Maarten Paes Masuk Tim MLS All Star 2024, Bakal Satu Tim dengan Lionel Messi

Pernyataan itu disampaikan Shin Tae-yong saat wawancara dengan media Korea Selatan, Naver. Dia  menyadari bahwa timnas Indonesia paling bawah. 

"Faktanya peringkat FIFA Indonesia adalah yang terenda di antara 18 negara yang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Anda harus berharap kebetulan bisa melaju ke putaran final Piala Dunia 2026," kata Shin Tae-yong.

PSS Sleman Rekrut Bek Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto, Kembalinya Si Anak Hilang

Meski demikian, Shin Tae-yong sudah mempunyai target pada Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dia berusaha semaksimal mungkin agar timnas Indonesia lolos ke Putaran Keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

"Saya pikir kami dapat mencoba untuk berada di posisi ketiga dan keempat Kemudian kami mengincar ke babak keempat lalu setelah itu memikirkan tentang babak play-off," kata Shin Tae-yong.

Kartu Merah jadi Biang Kerok Kekalahan Timnas Indonesia U-16 Lawan Australia

Jika ditelusuri, pernyataan Shin Tae-yong ini keliru karena kenyatanya bukan Indonesia yang berada di peringkat terbawah, melainkan Kuwait.

Di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia diisi oleh 18 tim. Dari 18 negara, Timnas Indonesia tidak dalam posisi paling bawah karena ada Kuwait.

Skuad Garuda saat ini beradadi posisi ke-134 ranking FIFA, sedangkan Kuwait berada di peringkat ke-139. Meski demikian, Indonesia tetap berada di pot keenam bersama Kuwait dan Korea Utara.

Ketiga tim ini dipastikan bakal menghadapi raksasa Asia seperti Jepang, Korea Selatan atau Iran.Untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026, maka Timnas Indonesia dan Kuwait harus bisa finis sebagai juara grup maupun runner up. 

Atau setidaknya, mereka harus bisa berada di posisi ketiga dan keempat untuk memiliki kesempatan lain di babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Menarik menyaksikan kiprah Timnas Indonesia dan Kuwait di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia nanti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya