Calon Lawan Timnas Indonesia di Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Sudah Diketahui

Timnas Indonesia Vs Filipina
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta – Calon lawan Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia sudah bisa diketahui. Karena 18 slot yang disediakan sudah terisi penuh.

Gempar, Mantan Pemain Timnas Indonesia Jadi Tersangka Korupsi Proyek UIN Sumut

18 tim yang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dibagi ke dalam tiga grup. Masing-masing akan diisi sebanyak enam tim.

Dengan format tersebut, pengundian pun dibagi ke dalam enam pot. Di mana ranking FIFA menjadi penentu siapa yang unggulan dan non-unggulan.

Heboh China Bakal Laporkan Timnas Indonesia ke FIFA, Begini Kata PSSI

Pada pot 1 ada Timnas Jepang dengan ranking FIFA tertinggi di kawasan Asia, yakni urutan 18. Disusul oleh Timnas Iran di posisi 20, dan Timnas Korea Selatan yang menempati urutan 23.

Sementara dari pot kedua masih terhitung juga tim papan atas benua Asia. Karena di dalamnya ada Timnas Australia (24), Timnas Qatar (34), dan Timnas Arab Saudi (53).

Bahrain Vs Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Beri Isyarat Dua Pemain Ini Jadi Starter

Kapten Timnas Indonesia, Jordi Amat berebut bola dengan pemain Timnas Irak

Photo :
  • Instagram/Jordi Amat

Timnas Irak yang memberi kekalahan dua kali kepada Timnas Indonesia di Grup F ada di pot ketiga karena ranking FIFA di urutan 58. disusul Timnas Uzbekistan (64) dan Timnas Uni Emirat Arab (67).

Pada pot keempat, dominasinya adalah tim dari Timur Tengah. Timnas Jordania (71), Timnas Oman (77), dan Timnas Bahran (80) yang ada di dalamnya.

Berlanjut ke pot kelima ada Timnas China (88), Timnas Palestina (93), dan Timnas Kyrgyzstan (100). Di pot terakhir ada Timnas Korea Utara (118), Timnas Indonesia (134), dan Timnas Kuwait (139).

Drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia pada 27 Juni 2024. Ranking FIFA pada 19 Juni 2024 yang jadi patokan.

Namun melihat situasi di ranking FIFA sekarang sesama negara Asia, nampaknya apa yang ada sekarang tidak akan berbeda. Itu artinya, Timnas Indonesia akan satu grup dengan salah satu dari mereka di pot pertama hingga kelima.

Lawan-lawan yang akan dihadapi Timnas Indonesia pastinya akan berat. Namun Shin Tae-yong memastikan anak asuhnya akan berjuang untuk bisa tampil baik.

“Kita akhirnya lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia. Kita akan mempersiapkan tim ini agar semakin baik dan berusaha semaksimal mungkin,” katanya saat konferensi usai laga melawan Timnas Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa malam WIB 11 Juni 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya