Pelatih Filipina; Menang Lawan Timnas Indonesia adalah Keajaiban

Timnas Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Pelatih Timnas Filipina, Tom Saintfiet, mengakui Timnas Indonesia lebih diunggulkan ketimbang timnya jelang duel kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia Meroket di Rangking FIFA Terbaru

Filipina akan bertandang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa 11 Juni 2024. 

Tom mengaku senang bisa memimpin Filipina berlaga di SUGBK yang megah dan akan dipenuhi suporter Timnas Indonesia. 

Presiden FIFA Hadiri Pembukaan TC Timnas Indonesia di IKN

Akan tetapi, dia mengakui Timnas Indonesia lebih baik ketimbang timnya. Hal itu juga dibuktikan dengan head to head, di mana skuad Garuda memenangkan 21 laga dari 29 pertemuan melawan Filipina.

"Saya mengikuti sepakbola Indoensia sejak lama dan saya senang bisa ke sini, main di stadioin fantastis seperti ini," kata Tom jelang pertandingan.

Respons Erick Thohir soal Kritik Nuroji Pemain Timnas Indonesia Bukan Akamsi

"Dan kami akan melawan Indonesia yang sudah kami lawan 29 kali, kami kalah 21 kali dan kami hanya menang dua kali, memang jarang kami dapat hasil bagus lawan tim sekuat Indonesia," sambungnya.

Lebih lanjut, Tom menyatakan bahwa kemenangan melawan Timnas Indonesia adalah sebuah keajaiban bagi timnya,

"Indonesia adalah lawan yang sulit, apalagi didukung 77.000 fans di stadion nanti, tetapi kami sudah siap, kami makin tumbuh dan berkembang dari hari ke hari," ucapnya.

"Kami lebih kompetitif dan harusnya bisa dapat poin lawan Vietnam. Besok, imbang akan fantasits, menang adalah keajaiban, tapi memang kami harus dapat poin maksimal apalagi Indonesia adalah tim favorit," ujarnya.

Timnas Filipina tidak punya kesempatan lagi untuk lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 karena saat ini terdampar di dasar klasemen dengan poin satu.

Sedangkan Timnas Indonesia kini di posisi kedua dengan poin tujuh dari lima laga. Indonesia harus menang atas Filipina untuk memastikan tempat ke putaran ketiga dan otomatis lolos ke Piala Asia 2027.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya