Nasib Timnas Indonesia Ditentukan Laga Lawan Filipina

Ragnar Oratmangoen, Timnas Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

HANOI – Kepastian Timnas Indonesia untuk melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 harus ditentukan di laga terakhir. Itu karena Timnas Vietnam mampu menaklukkan Timnas Filipina di My Dinh National Stadium, Hanoi, Kamis 6 Juni 2024.

Sosok Mina, Wanita Berdarah Afganistan Tunangan Shayne Pattynama

Indonesia sebenarnya bisa lolos ke putaran ketiga tanpa berkeringat di laga terakhir. Syaratnya, Vietnam bermain imbang melawan Filipina.

Skenario ini sebenarnya nyaris terwujud, karena skor Vietnam vs Filipina sempat imbang 2-2. Namun, Vietnam mencetak gol dramatis di menit 90+5 yang membuat Indonesia harus berjuang di laga terakhir.

Marselino Ferdinan Bisa Duet dengan Jebolan Liverpool Jika Gabung Oxford United

Rafael Struick, Timnas Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Filipina sempat unggul lebih dulu di menit 62 melalui gol Patrick Reichelt. Vietnam membalilkkan skor melalui brace Nguyen Tien Linh di menit 65 dan 76.

Polusi Udara Jakarta Jadi Sorotan Pemain Keturunan Timnas Indonesia

Kevin Ingreso nyaris saja menjadi 'pahlawan' untuk Timnas Indonesia. Dia mencetak gol Filipina yang membuat skor 2-2 di menit 89.

Namun, Vietnam justru mampu memastikan kemenangan dengan skor 3-2 di menit 90+5. Gol dicetak oleh Pham Tuan Hai.

Pemain Vietnam merayakan gol ke gawang Filipina

Photo :
  • AFC

Sebelumnya, Indonesia harus mengalami kekalahan 0-2 dari Timnas Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Irak sudah pasti lolos ke putaran ketiga dengan poin sempurna di Grup F, 15 poin dari 5 laga. Disusul Indonesia (7), Vietnam (6) dan Filipina (1).

Peluang Indonesia lolos ke putaran ketiga masih tergolong besar. Indonesia wajib memetik kemenangan saat melawan Filipina pada 11 Juni, jika tak mau bergantung pada hasil lain.

Skenario lainnya adalah Indonesia bermain imbang dengan Filipina, lalu Irak juga bermain imbang melawan Vietnam. Atau Indonesia kalah dari Filipina, dan Irak mampu menaklukkan Vietnam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya