Perbandingan Harga Pasar Timnas Indonesia Vs Irak: Skuad Garuda Paling Mewah

timnas indonesia
Sumber :
  • PSSI

Jakarta – Perbandingan harga skuad Timnas Indonesia vs Timnas Irak di lanjutan laga babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2024 menarik untuk dibahas. Skuad Garuda ternyata punya komposisi pemain yang jauh lebih mewah ketimbang Singa Mesopotamia-julukan Irak.

Justin Hubner: Banyak Pemain Wolverhampton Tertarik Bela Timnas Indonesia

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia akan berhadapan melawan Irak pada Kamis 6 Juni 2024. Pertemuan keduanya akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

timnas indonesia

Photo :
  • PSSI
Andik Vermansyah Optimis Timnas Indonesia bisa Curi Poin Lawan Bahrain dan Tembus ke Piala Dunia

Ini merupakan laga penting bagi Tim Merah Putih dalam perjalanan menuju babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Selain itu, kemenangan atas Irak juga berpotensi meningkatkan peringkat Timnas Indonesia di FIFA Ranking.

Jika ditakar dari harga skuad, Tim Merah Putih ternyata jauh lebih unggul. Menurut data Transfermarkt, harga pasar Skuad Garuda dibanderol sebesar 15,43 juta euro (sekitar Rp273,6 miliar).

Dimas Drajad Siap Tempur Bela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Angka tersebut kurang lebih Rp110 miliar lebih banyak dari nilai pasar skuad Timnas Irak. Diketahui Singa Mesopotamia punya kisaran pasar harga skuad sebesar 9,23 juta euro (Rp163,6 miliar) saja.

Timnas Indonesia Vs Tanzania

Photo :
  • PSSI

Artinya, Timnas Indonesia bisa dinilai memiliki pemain-pemain berkualitas. Sebab nilai harga sebanding dengan kualitas sang pemain di lapangan. Besaran harga pasar Tim Merah Putih itu tidak lepas dengan kehadiran sejumlah pemain keturunan yang berkiprah di Eropa.

Thom Haye misalnya yang kini menjadi pemain termahal di Timnas Indonesia. Gelandnag keturunan Indonesia milik SC Heerenveen itu dibanderol sebesar 3 juta euro (Rp52,9 miliar). Kemudian pemain termahal kedua Timnas Indonesia ditempati oleh pemain keturunan baru, Calvin Verdonk.

Pemain yang berkarier di NEC Nijmegen itu memiliki nilai pasar 2,5 juta euro (Rp44 miliar). Sementara pemain termahal Irak hanya mentok di angka 1 juta euro (Rp17,7 miliar) yang saat ini dipegang oleh jebolan akademi Manchester United, Zidane Iqbal.

Melihat harga pasar Timnas Indonesia yang tinggi tersebut diharapkan berbanding lurus dengan hasil pertandingan nanti. Mengingat sejauh ini Skuad Garuda belum pernah menang atas Irak dalam delapan pertemuan yang pernah terjadi. Tim Merah Putih hanya mampu sekali bermain imbang 1-1 kala bersua pada 1973 silam di Kualifikasi Piala Dunia 1974.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya