Shin Tae-yong Panggil Elkan Baggott Gantikan Jay Idzes?

Elkan Baggott saat berduel dengan kiper Jepang, Zion Suzuki
Sumber :
  • HECTOR RETAMAL / AFP

VIVA – Jay Idzes kemungkinan besar bakal absen membela Timnas Indonesia melawan Tanzania pada laga uji coba di Stadion Madya Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 2 Juni 2024.

Resmi Jadi WNI, Mees Hilgers Langsung Cetak Sejarah Baru

idzes kini sedang disibukkan dengan agenda klubnya Venezia yang sedang berjuang promosi ke Serie A.  Idzes berhasil membantu Gli Arancioneroverdi lolos ke final playoff Serie B, untuk memperebutkan tiket promosi ke Serie A, kasta tertinggi sepak bola Italia. Lawan mereka adalah Cremonese dan final playoff akan dimainkan dalam format kandang dan tandang.

Laga pertama dimainkan di markas Cremonese pada 31 Mei dini hari WIB, selagi Venezia menjadi tuan rumah di partai penentu pada Senin (3/6/2024) dini hari WIB.

Maarten Paes Ungkap Kondisinya, Gagal Gabung Timnas Indonesia?

Pertandingan leg kedua final tersebut akan dihelat hanya beberapa jam setelah laga Timnas Indonesia kontra Tanzania digelar. Jadi, Timnas Indonesia dipastikan tidak akan diperkuat oleh Jay Idzes untuk pertandingan kontra Tanzania tersebut.

 Shin Tae-yong masih memiliki sejumlah bek tengah lainnya, seperti Justin Hubner, Jordi Amat, Rizky Ridho, dan Muhammad Ferarri.

Kritik Program Naturalisasi, Andik Vermansyah: Pemain Lokal Juga Harus Diperhatikan

Namun  tidak semuanya bakal langsung tersedia. Ridho dan Ferarri mungkin bisa dipastikan tersedia lantaran Liga 1 2023/2024 telah menyelesaikan musim reguler. 

Jordi Amat juga bisa tersedia karena Johor Darul Tazim (JDT) tak punya jadwal di Liga Malaysia untuk akhir pekan ini. Kendati begitu, Justin Hubner masih bisa absen karena Cerezo Osaka masih memiliki pertandingan pada Sabtu (1/6/2024) mendatang. 

Jika Idzes dan Hubner tidak ada, maka praktis Timnas Indonesia kekurangan opsi untuk pos bek tengah untuk laga kontra Tanzania.

Mengingat kekurangan personel ini, pelatih Shin Tae-yong mungkin bisa memberi kesempatan kedua kepada Elkan Baggott, yang tak termasuk dalam 22 nama yang dipanggil olehnya untuk FIFA Matchday Juni 2024.

Itu nampaknya merupakan dampak dari peristiwa pada playoff interkontinental Olimpiade Paris 2024 pada awal Mei ini. Pada saat itu, Baggott harusnya ikut membela Timnas Indonesia U-23 di laga kontra Guinea, karena musimnya bersama Bristol Rovers sudah selesai.

Kendati demikian, sang bek tengah berusia 21 tahun tak pernah hadir dan PSSI mengklaim sang pemain sama sekali tidak memberikan respons.

Hal ini nampaknya menjadi alasan Shin Tae-yong untuk tidak memanggil Baggott untuk FIFA Matchday Juni 2024 mendatang. Namun begitu, tak bisa ditampik bahwa Baggott akan menjadi opsi yang bagus untuk Timnas Indonesia, sekalipun hanya untuk laga kontra Tanzania.

 Jika Idzes dipastikan absen selagi Hubner belum diketahui ketersediaannya, maka Baggott, yang relatif tak punya agenda hingga Ipswich melaksanakan pramusim pada Juli mendatang, bisa menjadi opsi yang bagus untuk dipertimbangkan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya