Cek Fakta: Guinea Mundur, Timnas Indonesia U-23 Lolos Olimpiade 2024

Pemain Timnas Indonesia U-23 rayakan gol
Sumber :
  • Instagram @afcasiancup

VIVA – Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Guinea pada palyoff Olimpiade 2024. Pertandingan dijadwalkan berlangsung di Centre National du Football de Clairefontaine, Paris, Prancis, Kamis 9 Mei 2024.

Maryam March Maharani Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Jelang pertandingan itu, viral di media sosial video yang menampilkan seorang pria mengenakan baju dan topi hitam yang diklaim sebagai pelatih Guinea. 

Sosok itu mengatakan bahwa timnya belum pasti berada di Paris untuk mengikuti pertandingan playoff melawan Timnas Indonesia U-23.

Lalu Muhammad Zohri Resmi Lolos ke Olimpiade Paris 2024 Lewat Jalur Khusus Ini

Narasi dalam unggahan tersebut berbunyi  “kabar gembira buat teamnas garuda U23 indonesia  Guniea U23 mudur dari play off olimpiade”

Sementara terjemahan dalam video itu: “Ini tentu tidak menguntungkan kami tapi saya harus katakan kalau tim kami belum pasti berada di paris untuk melakukan Play off”

Update Daftar Atlet Indonesia Lolos Olimpiade Paris 2024

Video hoax yang menyatakan Guinea mundur

Photo :
  • tangkapan layar

lantas, benarkah Guinea mengundurkan diri dari playoff dan Timnas Indonesia U-23 dipastikan lolos ke Olimpiade 2024?

Dilansir Antara, unggahan tersebut serupa dengan video YouTube zmedia tv Officiel yang berjudul “CAN2023: Kaba Diawara sélectionneur de la Guinée reste objectif face à la RDC”.

Jika diterjemahkan berjudul “CAN2023: Pelatih Kaba Diawara dari Guinea tetap objektif melawan DRC” pada 1 Februari 2024.

Translate dalam potongan video TikTok tersebut tidak sesuai dengan yang sebenarnya.

Dalam keterangannya, Pelatih Guinea Kaba Diawara menyatakan berjanji untuk mememangkan kompetisi perempat final CAN 2023 melawan DRC atau Kongo. 

Guinea menghadapi tim Kongo Jumat (02/02) ini dalam pertandingan yang menentukan, pada perempat final CAN 2023. Meskipun sulit, Kaba Diawara tidak berniat untuk meninggalkan kompetisi ini pada tahap ini.

Dengan demikian, video tersebut tidak ada kaitannya dengan pengunduran diri diplay off melawan Indonesia Kamis (9/5) pukul 20.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya