Kata Shin Tae-yong Usai Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

Nathan Tjoe-A-On
Sumber :
  • Nathan Tjoe-A-On / instagram

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong buka suara terkait Nathan Tjoe-A-On yang bisa kembali memperkuat Timnas Indonesia U-23 di perempat final Piala Asia U-23 2024.

China Diuntungkan Kondisi Timnas Indonesia, Lini Belakang Diterpa Masalah

Nathan Tjoe-A-On sejatinya sudah meninggalkan skuad Garuda Muda setelah babak penyisihan berakhir. Dia harus kembali bergabung dengan timnya, SC Heerenveen karena hanya diizinkan sepekan membela Timnas Indonesia U-23.

Klub Liga Belanda tersebut punya alasan kuat hanya memberikan izin Nathan sepekan. Pasalnya, Piala Asia U-23 ini bukan agenda FIFA jadi tidak ada kewajiban bagi mereka melepas pemain ke Tim Nasional.

Jangan Biarkan Timnas Indonesia Berdiri Sendiri

Namun pada akhirnya, Nathan bisa kembali memperkuat Timnas Indonesia U-23 setelah PSSI melakukan pendekatan dengan Heerenveen. 

Menanggapi kembalinya Nathan, Shin Tae-yong mengaku senang. Sejatinya, dia sudah memperkirakan Heerenveen akan kembali mengizinkan pemainnya.

Kekalahan Timnas Indonesia dari China Diejek Suporter Bahrain, Hina Lagu Indonesia Raya

"Jangan khawatir, Nathan pasti datang. Jadi boleh dinantikan. Ingin saya sampaikan kepada masyarakat seperti itu," kata Shin Tae-yong, Rabu 24 April 2024.

Keberadaan Nathan di skuad Garuda Muda memang sangat diharapkan. Nathan yang posisi naturalnya di bek kiri dapat dimainkan sebagai gelandang.

Mantan pemain Excelsior itu tercatat tampil pada tiga pertandingan Grup A Piala Asia U-23 2024, dan mampu tampil gemilang menjadi pintu pertama pertahanan Timnas Indonesia U-23.

Di sisi lain, kembalinya Nathan ke Timnas Indonesia U-23 tak lepas dari usaha PSSI mendekati Heerenveen. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir juga mengakui bahwa suporter menjadi faktor utama keberhasilan lobi-lobi ini.

"Kabar baik datang dari Belanda yang mana Heerenveen akhirnya mengizinkan Nathan memperkuat timnas hingga sisa Piala Asia U-23," ujar Erick dalam keterangannya.

"Terima kasih dukungan suporter yg mengharapkan Nathan dilepas klubnya, sampai-sampai banyak singgah komentar dengan sangat sopan ke sosmednya Heerenveen," ucap Erick Thohir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya