Sangat Naif Jika Anggap JIS Tak Standar FIFA

Jakarta International Stadium (JIS) atau Stadion JIS di Jakarta Utara
Sumber :
  • Antara

Jakarta – Kelayakan Jakarta International Stadium (JIS) untuk menggelar pertandingan berskala internasional kembali jadi polemik. Saat ini sedang ramai dibicarakan mengenai kualitas rumput.

Erick Thohir Soroti Kehebatan Maarten Paes: Dibutuhkan Lawan Ranking FIFA 50-an

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir melakukan peninjauan ke JIS bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. Setelah itu ada kesimpulan jika rumput lapangan JIS tidak sesuai dengan standar FIFA.

Basuki mengatakan pihaknya bakal melakukan renovasi JIS jelang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Tapi ucapan ini yang kemudian memunculkan pro dan kontra di media sosial.

Erick Thohir Cek Kondisi Rumput Stadion GBK: Nanti Kita Improve Sedikit

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Ketum PSSI sidak rumput Stadion JIS

Photo :
  • Ist

Pengamat sepakbola Indonesia, Ophan Lamar mengatakan sangat naif jika menganggap JIS tak sesuai standar FIFA. Dia merujuk proses pembangunan ketika itu didampingi oleh assessor FIFA.

Respon Bintang AC Milan Tijjani Reijnders Lihat Sang Adik Bakal Gabung Timnas Indonesia

"Sangat naif jika ada anggapan JIS tidak sesuai standar FIFA, karena ketika dalam proses pembangunannya, sudah didampingi assessor FIFA," kata Ophan saat diwawancara tvOne.

Perihal soal rumput, Ophan mengatakan bisa saja memang harus ada pergantian. Mengingat JIS sudah lama tidak digunakan untuk pertandingan sepakbola. Pemeliharaan rumput bisa jadi tidak maksimal.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Ketum PSSI sidak rumput Stadion JIS

Photo :
  • Ist

"Rumput bisa saja memang butuh perbaikan, karena dalam setahun terakhir JIS hampir tidak pernah digunakan untuk pertandingan sepakbola," tutur Ophan.

Tapi dia menekankan pergantian rumput ini bukan terkait dengan pemasangan awal. Karena tidak mungkin stadion dengan assessor FIFA menggunakan rumput tak sesuai standar. "Tapi ini soal perawatan, bukannya buruk sejak dari proses awal."

Ophan sendiri bukannya tanpa kritik dalam memandang JIS. Perihal akses menuju stadion, kantong parkir, dan beberapa fasilitas pendukung menurut dia memang butuh renovasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya