Berderai Air Mata, Andres Iniesta Umumkan Pensiun

Andres Iniesta saat Vissel Kobe vs Barcelona
Sumber :
  • AP Photo/Eugene Hoshiko

VIVA – Andrés Iniesta mengumumkan pensiun dari sepak bola pada Selasa 10 Oktober 2024.

Taktik Hansi Flick yang Bikin Lewandowski Gacor Lagi

Iniesta yang saat ini berusia 40 tahun mengakhiri kariernya selama 22 tahun yang juga mencakup dua gelar Kejuaraan Eropa dan empat trofi Liga Champions.

“Saya tidak pernah menyangka hari ini akan tiba, saya tidak pernah membayangkannya,” kata Iniesta yang emosional pada sebuah upacara di Barcelona

Tragis, Timnas Malaysia Ditolak Fiji hingga Papua Nugini di FIFA Matchday Oktober

“Tetapi semua air mata beberapa hari terakhir ini adalah air mata haru atau bangga, bukan air mata kesedihan. Itu adalah air mata anak yang bermimpi menjadi pemain sepak bola dan berhasil setelah bekerja keras, usaha dan pengorbanan," sambungnya.


Sejak meninggalkan Barcelona pada tahun 2018, ia bermain bersama Vissel Kobe di Jepang, dan setahun terakhir bersama klub Emirates di Liga Pro UEA.

Hattrick untuk Barcelona, Bukti Robert Lewandowski Masih Garang

Iniesta melakukan debut tim utama bersama Barcelona pada tahun 2002, dan tampil sebanyak 674 kali.

“Merupakan sesuatu yang unik bisa bersama klub impian Anda, mewakili Barca, para penggemarnya, dan mengenakan jersey itu,” katanya. “Itu adalah sesuatu yang selalu saya ingat dengan indah.”

Dikenal karena kontrol bolanya yang unik dan kemampuan playmaking di atas rata-rata, Iniesta membantu memperkuat lini tengah Barcelona yang juga mencakup Xavi Hernández dan Sergio Busquets — selain Lionel Messi di lini serang — dalam skuad yang berkembang selama bertahun-tahun dengan bola yang menawan dan efektif. -Gaya kepemilikan yang kemudian dikenal sebagai tiki-taka.

Iniesta memenangkan sembilan Liga Spanyol bersama klub Catalan, serta enam Copa del Rey.

Iniesta juga membantu Spanyol mendominasi sepak bola dunia dengan menyapu bersih Euro 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010, di mana ia mencetak gol penentu kemenangan pada perpanjangan waktu dengan tembakan kaki kanan dari dalam kotak penalti.

Iniesta mengatakan dia “tidak akan terlalu jauh” dari sepak bola, dan dia mulai mempersiapkan diri untuk menjadi pelatih suatu saat nanti.


Iniesta didampingi keluarganya di Barcelona. Turut hadir pula para petinggi Barcelona dan anggota skuad saat ini termasuk pelatih Hansi Flick. Video orang-orang yang berbicara tentang Iniesta, dan cuplikan kariernya, ditampilkan.

“Kalau ada satu kata yang bisa merangkum momen ini, itu adalah kebanggaan,” ucapnya. “Kebanggaan telah berjuang dan bekerja hingga hari terakhir saya bermain," ucapnya.

"Sisanya tinggal sejarah: gelar juara, kekalahan, masa-masa buruk yang harus kita lalui. ... Kebanggaan dan pantang menyerah itulah yang membuatku sangat bahagia hari ini. Satu-satunya bagian yang menyedihkan adalah saya berharap bisa bermain sampai saya berusia 90 tahun," pungkasnya
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya