Apes, Timnas Malaysia Gagal Naturalisasi Pemain Klub Belanda Mats Deijl

Mats Deijl 
Sumber :
  • FAM

Kuala Lumpur, VIVA – Nasib miris dialami negara tetangga, Malaysia, di tengah upaya mereka menaturalisasi pemain keturunan. Mimpi Timnas Malaysia diperkuat pemain klub Liga Belanda (Eredivisie) Go Ahead Eagles, Mats Deijl, pupus.

Samuel Eto'o Disanksi FIFA 6 Bulan

Federasi Sepakbola Malaysia (FAM), mengabarkan Mats Deijl gagal dinaturalisasi. Bek berusia 27 tahun itu disebut tidak lolos persyaratan yang ditetapkan aturan FIFA.

Suporter Timnas Malaysia di Piala Asia 2023

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis
Cek Fakta: 100 Negara Berebut Hak Siar Timnas Indonesia Gegara Lagu Indonesia Raya

“Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) telah memastikan pemain klub Go Ahead Eagles asal Belanda, Mats Deijl belum lolos persyaratan kelayakan untuk bergabung dengan skuad Harimau Malaya,” bunyi rilis resmi FAM, Selasa 1 Oktober 2024.

Darah keturunan Malaysia Mats Deijl dianggap terlalu jauh karena berasal dari nenek leluhurnya yang tidak sesuai dengan batas syarat FIFA. Sementara FIFA menetapkan syarat pemain keturunan bisa dinaturalisasi jika punya asal darah dari kakek atau neneknya.

Timnas Malaysia Ajak India Tanding, Ambisi Kejar Ranking FIFA Indonesia?

Mats Deijl 

Photo :
  • FAM

Diketahui, asal keturunan Malaysia Deijl didapat dari leluhurnya yang lahir di Singapura ketika masih bagian dari Malaya pada 24 Juni 1893 silam. Melihat catatan tersebut, Deijl pun dianggap tidak masuk sebagai syarat naturalisasi Timnas Malaysia yang diatur FIFA. Sebab, darah Malaysia Deijl ditelusuri datang dari ibu sang kakek lewat garis keturunan ayahnya. 

“Pemain tersebut telah memberikan dokumen terkait silsilah keluarganya yang menunjukkan bahwa ia memiliki hubungan dengan negara Malaysia termasuk akta kelahirannya, ayahnya, kakeknya (dari pihak ayahnya) serta konfirmasinya. dari kelahiran leluhurnya (dari pihak ayahnya) yang merupakan ibu dari kakek pemain,” tulis FAM.

Adapun syarat pemain keturunan yang boleh dinaturalisasi tertuang pada Pasal 8 Peraturan yang Mengatur Penerapan Statuta FIFA terkait kelayakan mewakili tim nasional, (Regulations Governing The Application Of The Statutes). Beberapa syarat tersebut di antaranya pemain harus lahir di negara tersebut, ibu maupun ayah pemain lahir di sana, kakek atau nenek juga lahir di negara terkait, atau pemain yang bersangkutan tinggal selama lebih dari lima tahun di negara tujuan.

“Berdasarkan jawaban FIFA, FAM menegaskan bahwa pemain tersebut tidak bisa mewakili timnas Malaysia karena darah Malaysia yang dimilikinya berasal dari nenek moyangnya (ibu dan kakek pemain) dan tidak setingkat dengan kakek atau nenek pemain seperti yang ditentukan oleh FIFA,” sambung FAM.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya