Beda Level Sama Maarten Paes, Kiper Keturunan Vietnam Malah Blunder di Laga Uji Coba

Kiper Timnas Vietnam, Dang Van Lam (Kanan)
Sumber :
  • VOV

Hanoi, VIVA – Kualitas kiper keturunan Timnas Indonesia, Maarten Paes, nyatanya jauh lebih unggul atas penjaga gawang berdarah Rusia milik Timnas Vietnam, Dang Van Lam. Hal ini terbukti dari fakta laga teranyar yang dilakoni keduanya.

Kiper Timnas Indonesia Kartu Merah, Borneo FC Gagal Tumbangkan PSS

Di Timnas Indonesia, Maarten Paes tampil tenang bahkan mampu menepis tendangan penalti saat bertandang melawan Arab Saudi di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dia pun terpilih menjadi Man of The Match (MOTM) laga yang berlangsung pada Jumat 6 September 2024 dini hari WIB di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah.

Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes

Photo :
  • PSSI / Timnas Indonesia
Timnas Indonesia Jadi Tim Asia Ketiga Paling Banyak Koleksi Poin Ranking FIFA

Sementara itu, Dang Van Lam justru melakukan blunder konyol saat mentas di laga uji coba melawan Timnas Rusia. Timnas Vietnam habis dihajar tiga gol tanpa balas sebagai tim tuan rumah pada Kamis 5 September 2024 di Stadion Nasional My Dình, Hanoi.

Dang Van Lam menjadi penyebab terjadi gol kedua untuk Timnas Russia. Dia gagal menyambut operan lambat dari rekannya, Vu Van Thanh, di depan gawang. Alhasil bola tersebut terus bergulir masuk ke gawang. Momen konyol itu pun menjadi sorotan di sosial media.

Perkasa di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selebgram Jepang Tebar Psywar

Padahal Dang Van Lam merupakan kiper keturunan andalan Timnas Vietnam. Usut punya usut, ayahnya bernama Dang Van Son berasal dari Vietnam, sedangkan sang ibu, Olga Zhukova, diketahui berasal dari Rusia.

Dang Van Lam sendiri lahir di Moskow, Rusia, pada 13 Agustus 1993. Sebelum menjadi bagian dari Timnas Vietnam, dia sempat mengepakkan kariernya di berbagai negara. Setelah menimba ilmu di Rusia bersama Akademia Dynamo pada 2007 lalu, Van Lam sempat ke Vietnam pada 2010 bergabung HAGL FC.

Dia sempat ‘menganggur’ setahun pada 2013 sebelum akhirnya bergabung dengan klub Rusia, Rodina Moscow, pada Juli 2014. Pria berusia 31 tahun itu juga sempat memperkuat klub kasta tertinggi Liga Jepang, Cerezo Osaka, pada 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya