Jelang Piala AFF 2024, Timnas Vietnam Bakal Naturalisasi Bomber dari Brasil

Mantan Pemain Timnas Vietnam, Dinh Thanh Trung
Sumber :
  • VFF

Jakarta, VIVA – Timnas Vietnam tampaknya sangat serius dalam menatap Piala AFF 2024. The Golden Star-julukan Vietnam- dikabarkan bakal kedapatan kekuatan baru.

PSSI Buka Suara soal Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Diduga Punya 2 Paspor

Mereka rencananya akan menaturalisasi striker dari Brasil. Adapun sosok yang dimaksud adalah Rafaelson Bezerra Fernandes. Menurut laporan VNExpress, Rafaelson menyerahkan formulir permohonan menjadi warga negara Vietnam.

Calon pemain naturalisasi Vietnam, Rafaelson

Photo :
  • IMAGO
Kiper Timnas Indonesia Kartu Merah, Borneo FC Gagal Tumbangkan PSS

“Penyerang berbisa Nam Dinh, Rafaelson, telah menyerahkan formulir permohonan untuk menjadi warga negara Vietnam,” kabar dari VNExpress.

Pemain kelahiran 1997 itu memang bukan sosok asing bagi para pencinta sepakbola Vietnam. Dia telah meniti kariernya di Negeri Naga Biru tersebut sejak Januari 2020 lalu bersama Nam Dinh FC.

Timnas Indonesia Jadi Tim Asia Ketiga Paling Banyak Koleksi Poin Ranking FIFA

Dia kemudian sempat memperkuat Da Nang FC pada akhir tahun tersebut. Setahun kemudian, Rafaelson hijrah ke Binh Dinh FC sebelum akhirnya kembali berseragam Nam Dinh FC pada September 2023.

Pemain Timnas Vietnam rayakan gol Nguyen Tien Linh

Photo :
  • AP Photo/Nguyen Manh Quan

Di Vietnam, Rafaelson merupakan sosok striker yang dikenal tajam. Tercatat sejauh ini dia telah mengoleksi 38 gol dan sembilan assist dari 45 penampilannya di semua komptisi bersama Nam Dinh FC.

Saat bersama Binh Dinh FC, Rafaelson juga mampu mencatatkan 25 gol dan lima assist dari 45 laganya. Secara keseluruhan, Rafaelson sudah memiliki 64 gol dan 13 assist dari 93 capsnya di kasta tertinggi Liga Vietnam, V League 1.

Melihat dari pengalamannya tersebut, Rafaelson lantas dinilai cocok untuk memperkuat Timnas Vietnam. Striker asal Negeri Samba itu digadang-gadang bakal menjadi kekuatan baru bagi The Golden Star.

Sebelum berkarier di Vietnam, Rafaelson juga pernah eksis di sejumlah negara lainnya. Dia pernah memperkuat klub asal Jepang, Vegalta Sendai, saat dipinjamkan oleh klub Brasil, EC Vitória, pada 2018. Rafaelson juga pernah bermain untuk Naestved BK di Denmark pada 2019.

Sekadar informasi, Piala AFF 2024 nantinya akan segera dimulai pada Desember 2024 mendatang. Timnas Vietnam sendiri tergabung di Grup B bersama Timnas Indonesia U-22, Filipina, Myanmar, dan Laos.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya