Hancurkan Mesir, Timnas Prancis Tantang Spanyol di Final Olimpiade 2024

Pemain Timnas Prancis, Jean-Philippe Mateta rayakan gol
Sumber :
  • AP Photo/Rebecca Blackwell

VIVA – Timnas Prancis berhasil lolos ke final Olimpiade 2024 setelah mengalahkan Mesir pada babak semifinal.

Maignan Ngamuk Usai Prancis Kena Comeback Italia, Mbappe dan Griezmann Ciut

Bertanding di Stadion Lyon, Selasa dini hari WIB, 6 Agustus 2024, Prancis menang dengan skor 3-1.

Sejatinya, duel berjalan seimbang setidaknya hingga babak pertama usai. Kedua tim berhasil mendapatkan sejumlah peluang namun penyelesaian akhir yang kurang maksimal membuat tidak ada gol tercipta.

Hasil UEFA Nations League: Timnas Italia Bekuk Prancis, Israel Hancur, Erling Haaland Mandul

Di babak kedua, Mesir unggul lebih dulu tepatnya pada menit ke-62. Mahmoud Saber melepaskan tembakan yang tak mampu dihalau kiper Prancis.

Kerja keras Prancis akhirnya membuahkan hasil di menit ke-83. Jean Philippe Mateta membuat skor jadi 1-1 usai tembakannya hasil umpan terobosan Michel Olise berhasil menembus gawang.

Bonus Olimpiade Cair Lagi dari BUMN, Cdm Anindya Bakrie Ungkap Perjuangan Keras Atlet Raih Medali

Mateta kembali membuat fans Prancis bersorak saat backheelnya hasil umpan Akliouche di menit ke-85 menembus gawang. Namun bola sudah keluar lapangan sebelum dioper sehingga gol dianulir.

Mesir mendapatkan peluang emas di menit ke-90+2. Zizo yang sudah menembus pertahnaan Prancis gagal tembak bola karena sudah ditangkap lebih dahulu kiper Prancis.

Omar Fayed nyaris jadi pesakitan saat gerakan tangannya di kotak penalti pada menit ke-90+5 dinilai handball. Namun setelah dicek VAR, wasit Said Sanhez tak memberi penalti.

Hingga pertandingan berakhir, skor 1-1 antara Prancis melawan Mesir tetap bertahan. Pertandingan pun dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Pertandingan berlanjut ke babak extra time. Satu menit lebih sedikit pada babak tambahan, Fayed mendapat kartu kuning kedua. Mesir pun harus bermain dengan 10 orang.

Prancis memimpin 2-1 pada menit ke-99. Mateta mencetak gol kedua dengan memanfaatkan assist dari Kiliann Sildillia yang berawal dari serangan bola mati.

Keunggulan Prancis bertambah pada menit ke-107. Michael Olise menuntaskan kerja keras Desire Doue yang sampai jatuh dan terkena hantaman bola.

Skor 3-1 menjadi hasil akhir laga yang memastikan Prancis melangkah ke final Olimpiade 2024 menghadapi Spanyol.

Susunan pemain:

Prancis: Guillaume Restes; Kiliann Sildillia, Loic Bade, Castello Lukeba, Adrien Truffert; Maghnes Akliouche, Andy Diouf, Joris Chotard; Michael Olise; Jean Philippe Mateta, Alexandre Lacazette.

Mesir: Hamza Alaa; Mahmoud Saber, Omar Fayed, Hossam Abdelmaguid, Karim El Debes; Mohamed Elneny, Ahmed Koka, Mohamed Shehata; Zizo, Osama Faisal, Ibrahim Adel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya