Pep Guardiola Jadi Bidikan Baru Timnas Inggris Gantikan Gareth Southgate

Manajer Manchester City Pep Guardiola
Sumber :
  • AP Photo/Manu Fernandez

InggrisPep Guardiola dikabarkan jadi bidikan baru Timnas Inggris sebagai pelatih kepala menggantikan Gareth Southgate yang cabut sejak Selasa 16 Juli 2024. Hal ini seiring dengan hasil minor The Three Lions-julukan Inggris- di Euro 2024 atau Piala Eropa 2024 lalu.

Kisah Lewandowski yang Siap Berkorban untuk Barcelona Terungkap

Timnas Inggris kembali gagal mencatatkan gelar juara setelah mendapat kesempatan kedua melaju ke partai final sejak edisi Euro 2020 lalu. Mereka dikandaskan Spanyol dengan skor 1-2 dalam laga yang berlangsung di Olympiastadion Berlin, Jerman, pada Senin 15 Juli 2024.

Manajer Manchester City, Pep Guardiola

Photo :
  • AP Photo/Kin Cheung
Alasan Luis Suarez Umumkan Pensiun dari Timnas Uruguay

Kini, pihak Federasi Sepak Bola Inggris (FA) pun tengah mencari pelatih kompeten menggantikan posisi Southgate tersebut. Sosok Pep pun masuk dalam daftar calon mereka. Hal ini tentu tidak lepas dari rapor kemampuan pelatih berkepala plontos itu dalam meramu taktik bersama Manchester City.

“FA tertarik pada keahlian yang ditunjukkan oleh bos City (Pep Guardiola), khususnya kemampuannya dalam memenangkan trofi,” bunyi kabar 90 Min dari laporan The Independent, Jumat 19 Juli 2024.

Isu Tak Sedap Menerpa, Begini Respons Barcelona

Sebagaimana diketahui, prestasi Pep bersama Manchester City sudah tidak diragukan lagi. Dia berhasil menyumbang enam trofi juara Liga Inggris, Premier League, hingga satu piala Liga Champions 2022-2023 sekaligus terpilih jadi pelaith terbaik musim itu.

Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate

Photo :
  • AP Photo/Themba Hadebe

Namun menurut laporan 90 Min, Pep sendiri dikabarkan bakal habis kontrak sebagai pelatih kepala Manchester City pada 2025 mendatang. Hal ini yang kemudian menjadi incaran Timnas Inggris untuk menggaet mantan pelatih Barcelona itu.

“Diperkirakan Guardiola dapat meninggalkan perusahaan tempatnya bekerja saat ini pada akhir musim mendatang, dengan kontraknya yang akan berakhir pada tahun 2025,” lanjut laporan itu.

Terlebih belakangan Pep juga dikabarkan bakal angkat kaki dari Manchester City tahun depan meski sudah dapat tawaran perpanjangan kontrak menurut laporan Express Mei lalu. Artinya tersisa satu musim lagi bagi Pep menangani The Citizen-julukan Manchester City.

“Manajer Manchester City Pep Guardiola dikabarkan akan mundur dari perannya di Stadion Etihad ketika kontraknya berakhir musim panas mendatang,” bunyi laporan Express, Mei 2024.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya