Timnas Malaysia Berbenah, Presiden FAM Sambangi Mantan Staf Pelatih Barcelona di Spanyol

Presiden FAM, Haji Hamidin Haji Mohd Amin, (kiri) Pau Marti Vicente (kanan)
Sumber :
  • FAM

Malaysia – Timnas Malaysia segera berbenah setelah ditinggal pelatih kepala mereka, Kim Pan gon, sejak Selasa 16 Juli 2024 kemarin. Presiden Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Datuk Haji Hamidin Haji Mohd Amin, langsung menyambangi mantan staf pelatih Barcelona, Pau Marti Vicente, yang tengah berlibur di Spanyol pada Kamis 18 Juli 2024.

Ranking Timnas Indonesia Dilangkahi Malaysia Jelang Kontra Arab Saudi

Marti sendiri merupakan asisten pelatih Timnas Malaysia di bawah asuhan Kim Pan-gon. Dia pun resmi ditunjuk FAM untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan sebagai pelatih interim Timnas Malaysia.

Presiden FAM (Kanan), Pau Marti (Kiri)

Photo :
  • FAM
Kisah Lewandowski yang Siap Berkorban untuk Barcelona Terungkap

Dalam kunjungannya, Datuk Hamidin segera berdiskusi banyak tentang persiapan dan rancangan arah Timnas Malaysia kedepannya. Mengingat mereka juga akan menghadapi turnamen Piala AFF 2024 September mendatang.

“Kebetulan juga Pau Marti sedang berlibur ke Spanyol dan saya terus menghubunginya untuk datang ke Mallorca, hari ini untuk berdiskusi sedikit tentang arah tim dan rencananya setelah diumumkan sebagai penjabat pelatih kepala nasional menggantikan Pan Gon,” ujar Hamidin dalam kabar resmi FAM di Instagram, Kamis 18 Juli 2024.

Timnas Malaysia Dapat Suntikan Dana Rp53 Miliar

Marti juga dikabarkan kaget dengan keputusan yang diambil Kim Pan-gon. Namun dirinya tetap siap membawa Timnas Malaysia menuju perbaikan dan kemajuan yang lebih baik.

Pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon

Photo :
  • FAM

“Meski sama-sama masih terkejut dengan keputusan drastis Pan Gon keluar dari tim, namun Pau Marti menyatakan siap memikul tanggung jawab baru tersebut dan mempunyai misi untuk terus memperkuat skuad Harimau Malaya,” lanjut Hamidin.

Secara pengalaman, Marti sendiri bukanlah orang yang awam dalam dunia kepelatihan. Dia pernah menjadi bagian dari staf kepelatihan di FC Barcelona. Marti pernah menjadi asisten pelatih di tim U-18 dan U-19 Barcelona sejak 2017 lalu.

Dia kemudian menangani Barcelona B setahun berikutnya sebagai asisten pelatih. Kemudian dia kembali menjadi asisten pelatih Barcelona U-18 pada 2021 lalu. Meski tidak menjabat sebagai pelatih kepala dan tidak berada di tim utama Barcelona, tetapi Marti membantu melahirkan salah satu pemain andalan Timnas Spanyol saat ini, Marc Cucurella.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya