Joachim Loew Tertarik Jadi Pelatih Timnas Inggris

Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew
Sumber :
  • Uefa.com

VIVA – Mantan pelatih Jerman Joachim Low dikabarkan tertarik menggantikan Gareth Southgate.

Gempuran Rusia Makin Brutal, Inggris Pasok 600 Lebih Rudal ke Ukraina

Pria berusia 64 tahun itu saat ini belum mendapat pekerjaan sejak Jerman dikalahkan Inggris 0-2 yang membuat mereka tersingkir dari Euro 2020 di Babak 16 Besar.

Namun, dengan Southgate baru-baru ini mengonfirmasi keputusannya untuk mundur sebagai manajer Inggris menyusul kekalahan di final Euro 2024 melawan Spanyol, FA terpaksa mencari pengganti pria berusia 53 tahun itu.

Pasca Pensiun dari Sepakbola, Mesut Oezil Sibuk Jadi Marbot Masjid

Joachim Low nama terbaru yang dikaitkan dengan pekerjaan di Inggris. Dan meskipun orang-orang seperti Eddie Howe dan Graham Potter adalah kandidat pertama dalam pekerjaan ini, Low, menurut laporan terbaru dari The Sun, juga telah memasukkan namanya ke dalam daftar kandidat tersebut

Mantan bos Stuttgart, yang memimpin tim nasional negaranya selama 15 tahun, dan mengangkat trofi Piala Dunia 2014 di Brasil, diyakini ‘senang berbicara dengan FA’ tentang lowongan yang baru dibuka di Inggris.

Ilkay Guendogan Pensiun, Sosok Ini Resmi Ditunjuk sebagai Kapten Timnas Jerman

Selama menjadi manajer Jerman, Low juga membawa negaranya ke final Euro 2008 sebelum kalah 1-0 dari Spanyol dan finis ketiga di Piala Dunia 2010.

Meskipun Low merupakan nama di luar target yang diisukan, FA diyakini terbuka terhadap prospek memperkerjakan pelatih asing. Tapi bagaimana catatan manajerialnya dibandingkan dengan Howe dan Potter?


Selama 15 tahun bertugas di tim nasional Jerman, Low rata-rata mencetak 2,09 poin per game — angka yang hampir sama selama bertugas di Fenerbache (2,08), meskipun periodenya jauh lebih singkat.

Saat memimpin Stuttgart untuk 83 pertandingan selama periode dua tahun, Low mencatatkan rata-rata poin per pertandingan sebesar 1,76.

Adapun Howe – selama 125 pertandingan pria Inggris itu memimpin Newcastle, pria berusia 46 tahun itu mencetak rata-rata 1,70 poin per pertandingan – rata-rata tertinggi dalam kariernya. Meskipun dengan Bournemouth dan Burnley di antara pekerjaannya sebelumnya, perbandingan tersebut tampaknya hampir tidak adil.

Dan Potter, yang hanya mencatatkan 31 pertandingan sebagai pelatih Chelsea sebelum dipecat, rata-rata mencetak 1,28 poin per pertandingan selama bertugas di Brighton yang membuatnya memimpin 134 pertandingan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya