Gareth Southgate Angkat Kaki dari Timnas Inggris

Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate
Sumber :
  • AP Photo/Themba Hadebe

Inggris – Gareth Southgate angkat kaki dari Timnas Inggris per hari ini, Selasa 16 Juli 2024, sebagai pelatih kepala. Juru taktik berusia 53 tahun itu mundur setelah gagal membawa The Three Lions-julukan Inggris- juara di Euro 2024 menurut laporan Daily Mail.

Kiper Timnas Spanyol Prank Petugas Bandara Usai Juara Olimpiade Paris 2024

Harry Kane dan kolega dihajar Timnas Spanyol pada partai puncak turnamen bergengsi benua biru tersebut. Digelar di Olympiastadion, Jerman, pada Senin 15 Juli 2024 dini hari WIB, Timnas Inggris kalah 1-2.

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate

Photo :
  • AP Photo/Markus Ulmer
Mantan Pelatih Eko Yuli Irawan Sukses Bawa Lifter Thailand Raih 2 Medali Perak Olimpiade Paris 2024

Hasil tersebut kian memperpanjang puasa gelar mereka. Southgate dinilai gagal dalam dua kesempatan terakhir menukangi Timnas Inggris untuk mencatatkan sejarah di Euro.

"Sebagai orang Inggris yang bangga, merupakan kehormatan dalam hidup saya untuk bermain bagi Inggris dan mengelola Inggris. Itu berarti segalanya bagi saya, dan saya telah memberikan segalanya," ungkapnya, dipetik dari Daily Mail, Selasa 16 Juli 2024.

Jadwal dan Link Live Streaming Prancis vs Spanyol di Final Sepakbola Olimpiade 2024

"Tetapi sekarang saatnya untuk berubah, dan untuk babak baru. Final hari Minggu di Berlin melawan Spanyol adalah pertandingan terakhir saya sebagai manajer Inggris," lanjutnya.

Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate, sedang menenangkan Bukayo Saka.

Photo :
  • Independent

Seperti diketahui, The Three Lions sudah dua kali keluar sebagai finalis dalam dua edisi terakhir Euro. Sebelumnya mereka juga tumbang dari Timnas Italia dengan skor 2-3 dalam drama adu penalti pada final Euro 2020 lalu.

Kini Southgate mundur dari jabatannya setelah kurang lebih delapan tahun menukangi Timnas Inggris. Dia telah menjalani 102 laga bersama The Three Lions.

Sepanjang laga tersebut, Southgate mampu membawa Timnas Inggris menang 64 kali. Sementara itu 20 sisanya berupa hasil imbang dan 18 kekalahan.

Masih melansir dari sumber yang sama, Southgate sejatinya masih terikat kontrak sebagai pelatih kepala di Timnas Inggris hingga Desember 2024 mendatang. Namun dirinya telah memutuskan berhenti setelah hampir delapan tahun menjabat.

Selama Euro 2024, Timnas Inggris berhasil mencatatkan sejumlah kemenangan. Meski demikian, penampilan mereka nyatanya masih mendapat kritikan dari banyak penggemar. Di sisi lain, Timnas Spanyol justru sedang moncer bersama wonderkid mereka, Lamine Yamal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya