Daftar Peraih Penghargaan di EURO 2024, Spanyol Mendominasi

Lamine Yamal bersama Nico Williams
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Jerman – Daftar peraih penghargaan di EURO 2024 didominasi oleh pemain dari Timnas Spanyol. Bukan tanpa alasan, karena La Roja merupakan juaranya setelah menang 2-1 atas Timnas Inggris di Olympiastadion, Berlin, Jerman pada Senin dini hari WIB 15 Juli 2024.

Barcelona Vs Athletic Bilbao, Yamal Luar Biasa, Williams Bakal Dikunci

Ini adalah gelar juara EURO keempat bagi Timnas Spanyol. Karena sebelumnya mereka berhasil menjadi pemenang pada edisi 1964, 2008, dan 2012.

Penyerang sayap Spanyol, Lamine Yamal terpilih sebagai pemain muda terbaik di EURO 2024. Dia masih berusia 17 tahun satu hari ketika membawa skuad asuhan Luis de la Fuente menjadi juara.

Lamine Yamal Sedang Sedih, Ayahnya Ditusuk Tetangga

Nama Lamine Yamal memang sudah jadi bahan perbincangan hangat publik selama EURO 2024 berlangsung. Dia mencatatkan satu gol dan empat assist.

Gelandang Timnas Spanyol, Rodri

Photo :
  • AP Photo/Manu Fernandez
Kiper Timnas Spanyol Prank Petugas Bandara Usai Juara Olimpiade Paris 2024

Assist teranyarnya dilakukan saat pertandingan final Spanyol vs Inggris. Pada menit 47, dia memberikan operan matang kepada Nico Williams yang berdiri di dalam kotak penalti. Gol itu jadi pembuka keunggulan Spanyol atas Inggris.

Sementara untuk pemain terbaik di EURO 2024 menjadi milik gelandang Timnas Spanyol, Rodri. Pemain asal klub Manchester City itu memang cuma main satu babak di final, namun sepanjang perjalanan La Roja di ajang ini, dia turut kontribusi besar kepada tim.

Untuk gelar pencetak gol terbanyak EURO 2024, sebanyak enam pemain mendapatkannya. Mereka adalah Harry Kane (Inggris), Georges Mikautadze (Georgia), Jamal Musiala (Jerman), Cody Gakpo (Belanda), Ivan Schranz (Slovakia), dan Dani Olmo (Spanyol).

Keseluruhan pemain tersebut sama-sama menorehkan tiga gol ke gawang lawan sepanjang EURO 2024 berjalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya