Fakta Menarik Spanyol Juara EURO 2024 dan Nasib Tragis Inggris

Timnas Spanyol mengalahkan Timnas Inggris di final EURO 2024
Sumber :
  • AP Photo/Manu Fernandez

Jerman – Timnas Spanyol keluar sebagai juara EURO 2024. Skuad asuhan Luis de la Fuente mengalahkan Timnas Inggris dengan skor 2-1 di Olympiastadion, Berlin, Jerman pada Senin dini hari WIB 15 Juli 2024.

Hasil Lengkap UEFA Nations League: Timnas Jerman Menang 5-0, Belanda dan Inggris Gemilang

Timnas Spanyol membuka gol lewat Nico Williams pada menit 47. Timnas Inggris menyamakan kedudukan setelah Cole Palmer mencetak gol pada menit 73.

Gol kemenangan Spanyol hadir ketika pertandingan memasuki menit 86. Mikel Oyarzabal yang membobol gawang Inggris usai meneruskan umpan silang dari Marc Cucurella.

Daftar Pemain Timnas Inggris di UEFA Nations League Usai Kepergian Gareth Southgate

Sejumlah fakta menarik hadir usai keberhasilan Spanyol juara EURO 2024. Berikut kami himpun dari berbagai sumber;

Spanyol vs Inggris di EURO 2024

Photo :
  • AP Photo/Manu Fernandez
Striker Timnas Inggris Segera Gabung Manchester United

1. Spanyol Tersukses

Timnas Spanyol menjadi yang tersukses dalam urusan menggondol gelar juara EURO. Mereka telah memenangkannya sebanyak empat kali, yakni 1964, 2008, 2012, dan 2024. Jumlah itu membuat mereka unggul dari Jerman yang mengoleksi tiga gelar juara.

2. Rekor Lamine Yamal

Lamine Yamal menjadi andalan Spanyol di final EURO 2024. Masuk berusia 17 tahun satu hari, dia menjadi pemain termuda yang pernah tampil di final Piala Dunia atau EURO, melampaui rekor Pele yang berusia 17 tahun 249 hari di Piala Dunia 1958.

3. Luke Shaw Tiba-tiba muncul

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate memilik menurunkan Luke Shaw sejak menit awal final EURO 2024. Keputusan itu bek asal klub Manchester United menjadi penerus Marco Delvecchio asal Italia sebagai pemain yang baru pertama main sebagai starter saat di laga final.

4. Cole Palmer

Cole Palmer masuk menggantikan Mainoo pada babak kedua. Tiga menit di atas lapangan, dia berhasil mencetak gol. Catatan itu membuatnya menjadi pemain pengganti pertama yang mencetak gol di final EURO 2024 sejak Sylvain Wiltord di EURO 2000 untuk Prancis.

5. Nasib Tragis Inggris

Inggris menjadi negara pertama yang kalah dua kali beruntun pada final EURO. Karena di edisi 2020, mereka takluk dari Italia pada partai puncak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya