Pelatih Timnas Spanyol Tanggapi Kecaman Bilbao soal Nico Williams

Pelatih Timnas Spanyol, Luis de la Fuente
Sumber :
  • AP Photo/Matthias Schrader

Jerman – Timnas Spanyol mendapat kritik dari Athletic Bilbao jelang melakoni final EURO 2024 melawan Timnas Inggris di Olympiastadion, Berlin, Jerman pada Senin dini hari WIB 15 Juli 2024. Ini terkait dengan Nico Williams.

Hasil Lengkap UEFA Nations League: Timnas Jerman Menang 5-0, Belanda dan Inggris Gemilang

Presiden Athletic Bilbao, Jon Uriarte mengecam Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) karena membiarkan Nico Williams menjawab begitu banyak pertanyaan soal masa depannya selama bersama Timnas Spanyol di EURO 2024.

Situasi ini jelas membuat pihak klub ketar-ketir, karena bisa jadi sang pemain berpikir untuk meninggalkan mereka. Bilbao menganggap harusnya RFEF bisa melindung Williams dengan manajemen media yang ketat.

Daftar Pemain Timnas Inggris di UEFA Nations League Usai Kepergian Gareth Southgate

Menanggapi kisruh di luar sana, pelatih Timnas Spanyol, Luis de la Fuente angkat bicara. Dia membantah tudingan dari Jon Uriarte yang menganggap tim membiarkan Williams sendirian dalam menghadapi media massa.

Pemain Timnas Spanyol rayakan gol Nico Williams.

Photo :
  • AP Photo/Darko Vojinovic
Striker Timnas Inggris Segera Gabung Manchester United

"Kami benar-benar melindungi para pemain, tetapi mereka memiliki kebebasan. Kami tahu bahwa terlepas dari profesionalisme mereka, apa yang terjadi di luar terus terjadi dan kami memberi kewajaran pada situasi tersebut," kata Luis de la Fuente, dikutip dari Sport.

Sang juru taktik mengaku selalu berbicara kepada para pemain. Dapat dipastikan, skuad La Roja selalu fokus kepada EURO 2024. Isu di luar tim pasti pemain bisa menghadapinya sendiri.

"Kami berbicara dengan para pemain, dan mereka fokus pada apa yang terjadi di sini. Bagaimana mereka menangani pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam wawancara, bagaimana mereka mengelola momen tersebut tergantung pada pemain," tutur de la Fuente.

"Mereka dapat memutuskan apakah mereka ingin membicarakannya atau tidak. Dia bebas untuk menagtakan ya atau tidak," imbuhnya.

Spanyol akhirnya sukses menjadi juara EURO 2024. La Furia Roja menekuk Timnas Inggris 2-1 di Olympiastadion, Berlin, Senin dini hari WIB, 15 Juli 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya