Cristiano Ronaldo Terus Dikritik, Rio Ferdinand: Lionel Messi Juga Belum Cetak Gol, Tapi Sepi

Kapten Timnas Argentina Lionel Messi
Sumber :
  • AP Photo/Kevin M. Cox

VIVA – Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo tampil buruk di Euro 2024. Meski jadi starter di lima pertandingan, eks bintang Real Madrid ini tak mampu mencetak gol.

Alasan Mengharukan Ronaldo Tak Mau Punya Tato

Ronaldo tercatat hanya satu kali menyumbang assist saat Portugal menang 3-0 atas Turki di fase grup. Buruknya penampilan CR7 sontak membuat ia ramai jadi sasaran kritik.

Pemain 39 tahun itu didesak untuk segera pensiun karena hadirnya ia di skuad Portugal dianggap sebagai beban bagi tim asuhan Roberto Martínez.

Cristiano Ronaldo 'Lebih Besar' dari Manchester United

Cristiano Ronaldo merayakan gol ke gawang FC Porto 2009 bersama Ferdinand-Vidic

Photo :
  • AP Photo/Paulo Duarte

Merespons banyaknya kritik yang diarahkan ke Ronaldo, eks bintang Manchester United, Rio Ferdinand membela mantan teman setimnya di Old Trafford. Dia lantas membandingkan performa CR7 dengan Lionel Messi.

Hasil Lengkap: Manchester United Tumbang, Beda Nasib AC Milan dan Inter Milan

Di Copa America 2024, Messi juga tampil nggak bagus-bagus amat meski Timnas Argentina berhasil melaju ke final. Pemain Inter Miami ini baru mencetak satu gol dalam ajang yang digelar di Amerika Serikat tersebut.

Menurut Ferdinand, Ronaldo seharusnya mendapatkan penghormatan atas seluruh pencapaian yang telah ia buat untuk Timnas Portugal.

“Dia (Ronaldo) memang tidak melakoni turnamen (Piala Eropa 2024) dengan baik. Dia bermain kurang bagus seperti yang dimainkan sebelumnya,” ujar Ferdinand di podcast FIVE Jumat, 12 Juli 2024.

“Tapi, Anda (tidak punya adab ketika mengatakan dia harus pergi dari Timnas Portugal). Atas apa yang sudah ia lakukan, Anda tidak bisa mengatakan hal itu,” sambungnya.

Momen Rio Ferdinand dan Cristiano Ronaldo merayakan gol ke gawang FC Porto 2009

Photo :
  • AP Photo/ Paulo Duarte

Ferdinand menegaskan, timnas Portugal baru bisa melepas Ronaldo ketika ia sendiri yang meminta untuk pergi.

“Apa yang Portugal lakukan sebelum Cristiano Ronaldo? Lionel Messi juga belum mencetak gol di Copa America dan saya tidak mendengar apapun,” tegasnya.

Sebagai informasi, sejak debut di timnas Portugal pada 2003, ronaldo telah membuat 212 penampilan, 130 gol dan 45 assis. Ronaldo juga membantu Portugal juara Euro 2016 dan UEFA Nations League 2018/19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya