Intip Gaji Wasit Euro 2024 Per Laga, Bisa Beli Motor Benelli Leoncino 250

Wasit final EURO 2020, Bjorn Kuipers.
Sumber :
  • Sky Sports

Jerman – Final Euro 2024 atau Piala Eropa 2024 akan segera berlangsung akhir pekan ini. Belakangan wasit yang akan memimpin pertandingan puncak, Francois Letexier, menjadi pembahasan hangat banyak netizen karena kontroversinya di laga Timnas Indonesia U-23 yang kalah 0-1 dari Guinea U-23 pada playoff Olimpiade 2024, 9 Mei 2024 lalu. 

Bangganya Calvin Verdonk Bela Timnas Indonesia

Perihal wasit di Euro 2024 pun menjadi topik yang semakin menarik dibahas salah satunya adalah gaji per pertandingan.

Pendapatan wasit di setiap pertandingan turnamen bergengsi benua biru itu faktanya cukup menggiurkan. Dalam satu laga bahkan bisa membeli satu motor Benelli Leoncino 250.

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Sudah Gabung Latihan Timnas Indonesia

Francois Letexier, Wasit yang Pimpin Laga Timnas Indonesia vs Guinea U-23

Photo :
  • Real Madrid

Namun, mengutip dari data Inside Sport dan Forum Wasit Indonesia, bayaran wasit tidak semuanya sama baik dari fase grup maupun fase gugur. Di fase grup, wasit utama mendapatkan gajir sebesar 5 ribu euro (Rp87 juta) per pertandingan.

Kata Mees Hilgers antara Timnas Indonesia dengan Belanda

Sementara wasit Video Assistant Referee (VAR) dibayar 3 ribu euro (Rp52 juta) per laga. Adapun asisten wasit dan ofisial keempat sebesar 2.500 euro (Rp43 juta).

Wasit asal Arab Saudi Majed Mohammed Al Shamrani

Photo :
  • Instagram @forumwasitindonesia

Nominal gaji wasit ketika memasuki babak gugur semakin besar. Per laga, wasit utama bisa menerima bayaran sehingga 10 ribu euro (Rp174 juta). Kemudian wasit VAR, asisten wasit dan ofisial keempat dibanderol per laga senilai 5 ribu euro (Rp87 juta).

Di Euro 2024 sendiri terdapat 51 wasit yang tergabung. Wasit-wasit tersebut dipilih oleh UEFA dari berbagai negara mulai dari Inggris, Argentina, Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Polandia, hingga Swiss.

Sekadar informasi, perhelatan akbar benua biru itu telah berlangsung sejak 15 Juni hingga 15 Juli 2024. Di final, Euro 2024 akan mempertemukan Timnas Spanyol dan Inggris.

Laga tersebut nantinya bakal digelar di Olympiastadion Berlin, Jerman. Pertandingan ini menjadi yang banyak dinanti penggemar sepak bola dunia. Terlebih Timnas Inggris juga punya kesempatan untuk mengukir sejarah baru sebagai juara Euro. Tim asuhan Gareth Southgate itu pun diharapkan bisa mewujudkan mimpi tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya