Jesus Navas dan Gareth Southgate Kembali Bertemu di Final setelah 18 Tahun

Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate
Sumber :
  • AP Photo/Themba Hadebe

Jerman – Jesus Navas dan Gareth Southgate bakal kembali bertemu saat Timnas Spanyol melawan Timnas Inggris di final Piala Eropa 2024 Senin, 15 Juli 2024 mendatang.

Hasil Lengkap UEFA Nations League: Timnas Jerman Menang 5-0, Belanda dan Inggris Gemilang

Navas pernah bertemu Gareth Southgate dalam final Piala UEFA 2006. Kala itu, Navas bersama Sevilla mengalahkan klub Southgate, Middlesbrough dengan skor 4-0.

Navas muda saat itu bermain di posisi sayap kanan, sementara Gareth Southgate adalah pemain belakang Middlesbrough.

Sevilla Buka Peluang Rekrut Pemain Asal Indonesia

Pemain Spanyol Jesus Navas saat kualifikasi grup A Euro 2024 melawan Siprus

Photo :
  • AP Photo/Petros Karadjias

Musim tersebut adalah akhir Southgate berkarier sebagai pesepakbola profesional. Di sisi lain, Navas baru tiga tahun mendapat kesempatan main di tim utama.

Daftar Pemain Timnas Inggris di UEFA Nations League Usai Kepergian Gareth Southgate

Kini, Jesus Navas telah menjadi salah satu pemain senior di Timnas Spanyol. Dari 56 penampilan, ia telah mencetak lima gol.

Sementara, Gareth Southgate bukan lagi seorang pemain, melainkan kini ia merupakan pelatih Timnas Inggris.

Gareth Southgate berhasil membawa Timnas Inggris sampai ke final Euro 2024 meski kerap kali dikritik hingga diolok-olok suporter Three Lions.

Barangkali, tidak terhitung berapa banyak kritik yang dilontarkan kepada Southgate terkait gaya melatihnya di Timnas Inggris.

Bahkan, di awal kompetisi Euro 2024, ia dianggap sebagai biang keladi Inggris tampil buruk. Taktik yang ia terapkan dituding jadi penyebab Inggris sulit mencetak gol di fase grup.

Pemain Timnas Inggris rayakan kemenangan

Photo :
  • AP Photo/Andreea Alexandru

Tidak sedikit juga yang mengatakan Inggris berhasil lolos ke babak sistem gugur karena faktor keberuntungan. Padahal, Gareth Southgate dan anak-anak asuhnya berhasil finis sebagai juara grup.

Seiring berjalannya kompetisi, keberhasilan Inggris menyingkirkan Swis di perempat final menyebabkan tekanan kepada pelatih 53 tahun itu murai mereda.

Gareth Southgate juga mengubah taktik dengan menggunakan formasi 3 bek serta sukses menghapus kutukan adu penalti selama 28 tahun di ajang Euro.

Puncaknya, ketika Jude Bellingham dan kawan-kawan sukses mengalahkan Belanda di semifinal dengan skor 2-1, pujian mulai berdatangan pada Southgate.

Lantas, siapa pemenang final Euro 2024 nanti, Navas bersama timnas Spanyol atau Southgate bersama Inggris?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya