Selain Usir Shin Tae-yong, Wasit Final Euro 2024 Juga Pernah Buat Kontroversi di Liga Prancis

Francois Letexier, Wasit yang Pimpin Laga Timnas Indonesia vs Guinea U-23
Sumber :
  • Real Madrid

Jerman Wasit yang bakal memimpin laga final Euro 2024, Francois Letexier, menjadi buah bibir di kalangan banyak pencinta sepak bola dunia saat ini terutama bagi para penggemar Timnas Indonesia. Ya, wasit berpaspor Prancis itu pernah memantik emosi dari fans di Tanah Air ketika Timnas Indonesia U-23 kalah 0-1 dari Guinea U-23 pada playoff Olimpiade 2024, 9 Mei 2024 lalu. Saat itu dia juga yang mengusir sang pelatih, Shin Tae yong.

Bangganya Calvin Verdonk Bela Timnas Indonesia

Siapa sangka ternyata Francois Letexier juga sebelumnya pernah membuat kontroversi di kasta tertinggi Liga Prancis, Ligue 1, pada 2022 lalu. Saat itu dia memimpin laga antara OGC Nice melawan FC Nantes yang digelar 23 Oktober 2022.

Wasit asal Prancis Francois Letexier memberikan kartu merah untuk Shin Tae-yong

Photo :
  • Tangkapan layar
Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Sudah Gabung Latihan Timnas Indonesia

Diketahui saat itu Letexier tidak memberikan hadiah penalti untuk FC Nantes ketika bola mengenai tangan bek Nice, Mattia Viti, dalam kotak penalti di babak pertama. Sebaliknya, dia justru memberi kado penalti untuk Nice saat bola terkena lengan bek Nantes, Jean-Charles Castelletto, menjelang akhir pertandingan. 

Alhasil, Nice saat itu selamat dari kekalahan usai menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Nicolas Pepe sukses menjadi eksekutor Nice di menit ke-90+7 lewat titik putih. Sementara itu, Nantes kehilangan dua pemain mereka jelang akhir laga.

Kata Mees Hilgers antara Timnas Indonesia dengan Belanda

Francois Letexier

Photo :
  • Daily Mail

Letexier mengusir pemain FC Nantes, Kader Bamba di menit ke-90+8 dan sang kiper, Alban Lafont, dua menit setelahnya. Dua kartu merah menghiasi pertandingan lanjutan Ligue 1 2022 itu. Keputusan sang wasit pun menuai amarah dari banyak fans FC Nantes.

Dia bahkan dikabarkan mengalami ancaman di media sosial menurut laporan Time News. Sang wasit juga mendapat kritikan tajam dari pelatih FC Nantes, Antoine Kombouare. Letexier kemudian mengajukan aduan setelah dirinya mendapat ancaman dan hinaan di media sosial.

“Banyaknya ancaman yang saya terima selama menjalankan profesi saya dan di media sosial, untuk pertama kalinya, saya mengajukan pengaduan,” ungkapnya saat itu dalam laporan Time News pada 2022 lalu.

Di kalangan fans Timnas Indonesia nama Letexier juga telah dipandang buruk. Hal ini seiring dengan sikap sang wasit yang mengukum Indonesia dengan dua penalti kontroversial dalam laga yang berlangsung di INF Clairefontaine, Prancis, melawan Guinea U-23.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya