Bukan Kaleng-kaleng, Wasit yang Usir Shin Tae-yong Pimpin Final Euro 2024

Wasit asal Prancis Francois Letexier memberikan kartu merah untuk Shin Tae-yong
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Suporter Timnas Indonesia pasti masih ingat dengan wasit bernama Francois Letexier

Head to Head Timnas Indonesia Vs Australia: Skuad Garuda Pernah Hajar Socceroos

Ya, dia merupakan sosok pengadil lapangan yang membuat kontroversi saat Timnas Indonesia U-23 kalah 0-1 dari Guinea pada playoff Olimpiade 2024, 9 Mei lalu.

Bagaimana tidak, Letexier mengukum Indonesia dengan dua penalti kontroversial dalam laga yang berlangsung di INF Clairefontaine, Prancis.
 
Penalti pertama ia berikan setelah Witan Sulaeman melakukan pelanggaran kepada pemain Guinea. Padahal dalam tayangan ulang,  terjadi di luar kotak penalti. Penalti ini bisa dikonversi jadi gol oleh gelandang Guinea, Ilaix Moriba.

Saat Erick Thohir Serukan Balas Dendam ke Australia

Berikutnya, dia memberikan penalti kepada Guinea. Padahal pemain Timnas U-23, Alfeandra Dewangga melakukan tekel yang mengenai bola saat berebut bola dengan Algassime Bah. 

Tak sampai di situ, Letexier juga mengusir pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong setelah memberikan kartu merah karena melakukan protes karena tidak puas dengan kinerja wasit.

Media Asing Sebut Stadion GBK Tempat Menakutkan Bagi Lawan

Shin Tae Yong bahkan sempat menolak keluar lapangan usai diganjar kartu merah. Teriakan pelatih asal Korea Selatan itu terdengar jelas dari tribune suporter Indonesia.

Nah, Letexier kini telah ditunjuk UEFA untuk memimpin pertandingan final Euro 2024 antara Spanyol vs Inggris di Stadion Olimpiade Berlin, Senin 15 Juli 2024.

Dia akan didampingi asisten wasit yang juga asal Prancis, Cyril Mugnier dan Mehdi Rahmouni. wasit keempat diberikan kepada Szymon Marciniak (Polandia).

 
 


 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya