Bikin Sejarah di Piala Eropa, Lamine Yamal Juga Lewati Rekor Mengerikan Pele

Pemain Timnas Spanyol, Lamine Yamal rayakan gol
Sumber :
  • AP Photo/Hassan Ammar

Jerman – Sosok pemain Timnas Spanyol, Lamine Yamal tengah menjadi sorotan. Wonderkid Barcelona ini memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang mencetak gol di Piala Eropa.

Mees Hilgers Ungkap Kabar Baik untuk Timnas Indonesia

Yamal mencetak gol indah saat melawan Timnas Prancis dalam babak semifinal EURO 2024 di Allianz Arena, Rabu dini hari WIB, 10 Juli 2024.

Di menit 21, pemain Barcelona tersebut melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Masuk ke pojok gawang Prancis yang dikawal Mike Maignan.

Rizki Juniansyah Pecahkan Rekor Nasional di PON 2024

Lamine Yamal bersama neneknya

Photo :
  • Akun x @barcauniversal

Dilansir situs resmi UEFA, Yamal menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Piala Eropa, dengan usia 16 tahun 362 hari.

Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Brasil Tekuk Ekuador, Uruguay Imbang di Perpisahan Luis Suarez

Dia mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang pemain Swiss, Johan Vonlanthen di EURO 2004. Dia mencetak gol ke gawang Prancis dalam usia 18 tahun 141 hari.

Patahkan Rekor Pele
Ternyata, Yamal juga sukses memecahkan rekor pemain legendaris Timnas Brasil, Pele. Pemain muslim ini menjadi pemain termuda yang mencetak gol baik di Piala Dunia maupun Piala Eropa.

Dilansir Opta Jose, di usia 16 tahun 362 hari, Yamal mengalahkan rekor Pele yang mencetak gol di Piala Dunia dalam usia 17 tahun 239 hari.

Di posisi ketiga, ada pemain Meksiko, Manuel Rosas yang mencetak gol di usia 18 tahun 93 hari.

Selanjutnya, pemain Spanyol, Gavi yang mencetak gol saat berusia 18 tahun 110 hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya