Legenda Sepakbola Inggris Yakin Lamine Yamal Bakal Lampaui Lionel Messi

Pemain Timnas Spanyol, Lamine Yamal rayakan gol
Sumber :
  • AP Photo/Hassan Ammar

Jerman – Wonderkid Timnas Spanyol, Lamine Yamal tengah menunjukkan performa luar biasa usai membawa La Roja lolos ke final Piala Eropa 2024.

Hasil Lengkap UEFA Nations League: Timnas Jerman Menang 5-0, Belanda dan Inggris Gemilang

Sepanjang kompetisi Euro 2024, laki-laki 16 tahun tersebut telah mencetak satu gol dan tiga assist untuk Timnas Spanyol.

Menariknya, Yamal sukses memborong rekor dalam debutnya di kompetisi empat tahunan tersebut, yakni pencetak gol, pemberi assist dan pemain termuda yang berlaga di babak semifinal Euro 2024.

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026: Tanpa Lionel Messi, Timnas Argentina Bantai Chile

Lamine Yamal saat Spanyol vs Prancis di semifinal EURO 2024

Photo :
  • AP Photo/Matthias Schrader

Dua legenda sepakbola asal Inggris, Gary Lineker dan Alan Shearer sampai dibuat takjub dengan aksi-aksi Yamal di lapangan. Keduanya bahkan menyebut jebolan akademi La Masia itu dapat melampaui Lionel Messi.

Tidak Ada Nama Messi dan Ronaldo dalam Daftar Ballon d'Or 2024

Namun, terkait kata-katanya tersebut Lineker sangat berhati-hati agar tidak membebani Yamal yang saat ini masih duduk di bangku sekolah.

"Kami tidak ingin terbawa suasana. Namun, tidak ada yang pernah melakukan hal ini. Bahkan Messi sekalipun. Saya tidak pernah mengatakan bahwa ia akan menjadi seorang Messi tapi bisa saja (melampauinya)," ujar Lineker dikutip dari Sportskeeda Kamis, 11 Juli 2024 siang.

Lineker mengatakan, hal ini ia ucapkan usai menyaksikan penampilan Yamal di lapangan yang begitu tenang dalam mengambil keputusan meski usianya masih sangat muda.

“Lihat golnya, tidak ada yang pernah melakukan itu (di usianya). Pele mencetak dua gol di final Piala Dunia, dia berusia 17 tahun, hampir 18 tahun,” ucap Lineker.

Sama halnya dengan Lineker, Alan Shearer juga mengaku terpukau menyaksikan penampilan Yamal di semifinal Piala Eropa 2024.

Pemain Timnas Spanyol, Lamine Yamal

Photo :
  • AP Photo/Ariel Schalit

“Saya tidak habis pikir dengan kecerdasannya dan fakta bahwa dia masih bersekolah. Ini sangat mengagumkan dan juga indah,” tuturnya.

Saat bermain di partai final menghadapi timnas Inggris, Yamal berpeluang menjadi pemain termuda yang bermain di final Piala Eropa sepanjang sejarah.

Pada partai final yang digelar di Olympiastadion pada Minggu 14 Juli 2024, Yamal akan berusia 17 tahun 1 hari usai berulang tahun pada 13 Juli 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya