Pemain Timnas Inggris Dilarang Bicara soal Penalti

Pemain Timnas Inggris rayakan kemenangan
Sumber :
  • AP Photo/Martin Meissner

Jerman – Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate melarang anak asuhnya untuk bicara soal penalti. Karena mereka akan menghadapi Timnas Belanda pada semifinal EURO 2024 di Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman pada Kamis dini hari WIB 11 Juli 2024.

Sempat Menolak, Mees Hilgers Ungkap Alasan Baru Mau Bela Timnas Indonesia

Perihal penalti selalu menjadi bahasan menarik ketika tim sudah mencapai babak gugur. Karena bukan cuma keahlian dalam melepaskan tendangan, mental juga berpengaruh.

Mengutip Mirror, Gareth Southgate meminta timnya untuk tidak fokus pada kelemahan dalam turnamen-turnamen sebelumnya, yakni dalam eksekusi penalti.

Bek Baru MU Buka Suara Usai Dihantam Kritik Saat Bela Timnas Belanda

Alasannya, para pemain Inggris sekarang sudah berbeda dalam urusan mengeksekusi penalti. Buktinya mereka bisa menang lewat fase itu melawan Swiss pada perempat final EURO 2024.

Harry Kane dan Gareth Southgate di EURO 2024

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis
Hasil Lengkap UEFA Nations League: Timnas Jerman Menang 5-0, Belanda dan Inggris Gemilang

Sikap Southgate dalam merespons kemungkinan adu penalti terlihat dari anak asuhnya. Di mana pemain seperti Jordan Pickford, Marc Guehi, dan Ezril Konsa tak mau diwawancara soal penalti.

Perjalanan Inggris sampai ke babak semifinal EURO 2024 masih diselimuti dengan keraguan. Banyak yang menganggap The Three Lions bisa melangkah sejauh ini karena lawan yang dihadapi lebih lemah.

Tapi Southgate tak mau larut dalam anggapan seperti itu. Baginya penting untuk Inggris tetap fokus dan berusaha menang atas Timnas Belanda.

"Tim yang kami hadapi di babak gugur karena kami menang di fase grup. Jika Anda menelusuri sejarah, Inggris memiliki rute yang berebda untuk mencapai final," kata Southgate.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya