Injury Time Berdarah, Spanyol Pecundangi Jerman dan Lolos Semifinal Euro 2024

Pemain Timnas Spanyol rayakan gol Nico Williams.
Sumber :
  • AP Photo/Darko Vojinovic

VIVA – Spanyol menghadapi tuan rumah Jerman pada babak perempatfinal Euro 2024. Pertandingan berlangsung di MHP Arena, Jumat malam WIB, 5 Juli 2024.

Hasil Pertandingan Spanyol Vs Jerman 90 Menit

Jerman mendominasi di awal pertandingan. Akan tetapi, Spanyol malah yang mendapatkan peluang pertama pada menit pertama lewat tembakan Pedri. Namun tembakannya masih mengarah tepat dalam tangkapan kiper Jerman Manuel Neuer.


Sial bagi Spanyol, mereka harus kehilangan Pedri pada menit ketujuh. Dia harus ditarik keluar karena cedera usai ditekel keras Toni Kroos. Pedri tampak sangat sedih ketika harus digantikan Dani Olmo.

Hasil Euro 2024: Duel Panas Spanyol Vs Jerman, Pedri Terkapar Dihajar Toni Kroos di Babak I

Meski membuat Pedri cedera,  wasit Anthony Taylor tidak memberikan kartu kepada Toni Kroos. Padahal, pelatih dan para pemain Spanyol sempat memprotes keputusannya.

Duel berlanjut. Pada enit ke-11 tembakan percobaan dari bek kiri Jerman David Raum masih mengarah tepat ke pelukan penjaga gawang Spanyol Unai Simon.

Jude Bellingham dan Merih Demiral Kompak Kena Sanksi UEFA Jelang Perempatfinal Euro 2024

Semenit kemudian, pergerakan Nico Williams yang diakhiri finishing mampu mengancam gawang Jerman. Namun tembakannya masih sedikit melenceng di sisi kanan gawang Jerman.

Pada menit ke-13, Lamine Yamal mengeksekusi tendangan bebas yang membahayakan gawang Jerman. Sayang tendangannya masih sedikit melenceng di sisi kiri tiang gawang Jerman.

Pada menit ke-21 sundulan Kai Havertz mampu mengancam gawang Spanyol. Namun sundulannya masih mengarah tepat kepada kiper Spanyol.

Jerman menebar ancaman melalui tendangan Kai Havertz. Akan tetapi, upaya pemain Arsenal itu masih dihalau kiper Spanyol, Unai Simon, pada menit ke-35. Spanyol dan Jerman tidak mampu memecah kebuntuan sehingga babak pertama berakhir 0-0.


Di awal babak kedua Spanyol langsung tampil menyerang. Hasilnya, pada menit ke-51, mereka mampu mencetak gol lewat Dani Olmo. 

Gol berawal dari pergerakan Lamine Yamal di sisi kanan lalu merangsek ke kotak penalti dan memberikan umpan kepada Dani Olmo yang langsung melepaskan tembakan ke sudut kanan gawang Jerman. Spanyol unggul 1-0 atas Jerman.


Setelah membombardir Spanyol, Jerman akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-89 secara dramatis Jerman mampu menyamakan. Adalah Florian Wirtz. Florian Wirtz yang mencetak gol lewat sontekan usai meneruskan umpan sundulan Joshua Kimmich. Tendangan Wirtz sempat membentur tiang gawang sebelum menjadi gol.

Di menit ke-90+4, Jerman kembali mengancam lewat sontekan Thomas Muller. Namun sontekan Muller masih sedikit melenceng di sisi kiri gawang Spanyol. Pertandingan babak kedua berakhir 1-1 dan lanjut ke babak perpanjangan waktu.

Peluang terbaik di babak tambahan waktu pertama terjadi di detik-detik terakhir saat Florian Wirtz melepaskan tembakan mendatar, yang sayangnya masih melebar tipis dari gawang Spanyol.

Di babak tambahan waktu kedua, jalannya pertandingan tidak banyak berubah. Jerman mendominasi penguasaan bola, namun Spanyol sesekali mengancam melalui serangan balik.

Di menit ke-116, Nicklas Fullkrug nyaris mencetak gol melalui sundulannya, namun bola berhasil ditepis oleh Unai Simon.

Satu menit sebelum babak tambahan waktu kedua berakhir, Timnas Spanyol berhasil mencetak gol. Dani Olmo melepaskan umpan silang, dan Mikel Merino yang tidak dijaga dengan leluasa melepaskan tandukan dan menjadi gol. Spanyol unggul 2-1 atas Jerman.

Timnas Jerman langsung tancap gas. Mereka mencoba untuk menyamakan kedudukan, namun skor 2-1 bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya