Jude Bellingham dan Merih Demiral Kompak Kena Sanksi UEFA Jelang Perempatfinal Euro 2024

Gelandang Real Madrid, Jude Bellingham
Sumber :
  • AP Photo/Jose Breton

Jerman – Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) kembali mengeluarkan keputusan tegas jelang babak perempatfinal Piala Eropa 2024 atau Euro 2024. Kali ini mereka menjatuhi hukuman kepada dua pemain yang dinilai menuai kontroversi saat mentas di turnamen bergengsi benua biru itu dalam laporan pakar transfer, Fabrizio Romano, Jumat 5 Juli 2024.

Kylian Mbappe Kesulitan Main Pakai Topeng, Pelatih: Jarak Pandang Kanan-Kiri Jadi Terbatas

Adapun kedua pemain yang dimaksud yakni gelandang Timnas Inggris, Jude Bellingham, dan bek Timnas Turki, Merih Demiral. Mereka dihukum imbas dari aksi selebrasi saat pertandingan di Euro 2024.

Jude Bellingham membela Timnas Inggris di EURO 2024

Photo :
  • AP Photo/Martin Meissner
Skuad Portugal Berusaha Keras Agar Cristiano Ronaldo Bisa Cetak Gol di Euro 2024

Bellingham dihukum karena selebrasinya dianggap melecehkan tim lawan. Dia memberikan gestur yang tak pantas usia berhasil membawa The Three Lions-julukan Inggris- menyamakan kedudukan atas Slovakia di babak 16 besar Euro 2024 saat injury time.

Sementara itu, Demiral juga menunjukkan lambang kontroversial berbentuk serigala ketika bersua Austria di babak yang sama. Selebrasi tersebut dinilai sangat sensitif bagi tuan rumah Euro 2024, Jerman

Tampil Gak Maksimal di Euro 2024, Kylian Mbappe Kesulitan Main Pakai Topeng

Diketahui lambang tersebut mengarah kepada gerakan ekstremis sayap kanan Turki, The Grey Wolves. Komunitas itu merupakan salah satu yang dilarang oleh negara-negara Uni Eropa termasuk Jerman.

Selebrasi Merih Demiral saat Timnas Turki di EURO 2024

Photo :
  • AP Photo/Ebrahim Noroozi

“????????????????????????????????: UEFA mengambil keputusan larangan Merih Demiral dan Jude Bellingham! Ini adalah keputusan setelah selebrasi Demiral dan Bellingham, demikian konfirmasi pernyataan UEFA,” tulis Fabrizio di Instagram.

Alhasil Bellingham pun dijatuhi denda 30 ribu euro atau (sekitar Rp528 juta). Penggawa Real Madrid ini juga kena sanksi larangan bermain yang berlaku untuk satu tahun kedepan. Namun dia tetap tersedia ketika ketika Timnas Inggris bersua Swiss di perempatfinal Euro 2024 nanti.

“Jude Bellingham telah dijatuhi hukuman skorsing karena gestur bolanya, namun skorsing tersebut berlaku selama satu tahun, dia akan tersedia besok. Dia juga didenda sebesar €30k karena Jude akan menjalani skorsing satu pertandingan dalam jangka waktu satu tahun setelah keputusan diambil,” lanjut Fabrizio.

Berbeda nasib dengan Demiral yang dilarang dalam dua pertandingan terdekat. Dia akan absen ketika Timnas Turki berhadapan melawan Belanda akhir pekan ini. 

“Merih Demiral telah dilarang bermain dua pertandingan dan dia absen untuk pertandingan vs Belanda,” tulis Fabrizio.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya