Pernah Duel, Eks Timnas Indonesia Braif Fatari Beda Nasib dari Top Skor Euro 2024 Jamal Musiala

Pemain Timnas Jerman, Jamal Musiala rayakan gol.
Sumber :
  • AP Photo/Andreea Alexandru

Jerman – Gelandang muda Timnas Jerman, Jamal Musiala, menjadi salah satu top skor Piala Eropa 2024 atau Euro 2024. Siapa sangka ternyata pemain berusia 21 tahun itu ternyata pernah menjadi lawan salah satu eks penggawa Timnas Indonesia, Braif Fatari.

Dianggap Beban, Cristiano Ronaldo Diminta Jadi Cadangan saat Lawan Prancis

Namun nasib keduanya kini bak langit dan bumi. Jamal semakin bersinar bersama Timnas Jerman di Euro 2024. Dia bahkan telah mencatatkan tiga gol dan menjadi pencetak skor terbanyak milik tim Panzer tersebut.

Braif Fatari dan Jamal Musiala

Photo :
  • Instagram
Timnas Indonesia Dijamu di Venue Pembantaian Terbesar Arab Saudi untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sementara itu, Braif justru perlahan mulai meredup. Namanya tak bersinar seperti dulu ketika membela Timnas Indonesia. Gelandang berusia 22 tahun itu terbaru sedang berkarier di Liga 2 bersama klub Nusantara United per Juli 2023 lalu.

Padahal, Braif sendiri merupakan pemain jebolan Garuda Select. Dia juga menjadi salah satu penggawa di Akademi Persija Jakarta sejak 2019 lalu dan dipercaya naik promosi ke tim utama setahun setelahnya.

Bawa Persib Bandung Juara Liga 1, Edo Febriansah Bertekad Comeback ke Timnas Indonesia

Di level Timnas Indonesia, Braif beberapa kali diminta untuk memperkuat tim kelompok umur mulai dari U-19, U-22, dan U-23. Dia juga melakoni laga debutnya di Timnas Indonesia senior pada Mei 2021 lalu. Penampilan terbanyaknya dicatat saat membela Timnas Indonesia U-19 dengan total tujuh caps dan mampu menyumbang satu gol.

Pemain Timnas Indonesia U-19, Braif Fatari.

Photo :
  • Instagram/@pssi

Menurut data Transfermarkt, Braif tampil untuk Timnas Indonesia senior ketika berhadapan melawan Oman di laga uji coba. Saat itu dia hanya bermain 22 menit saja dengan hasil akhir kekalahan Skuad Garuda 1-3.

Berbeda halnya dengan Jamal Musiala dengan Timnas Jerman. Sejauh ini dia sukses mencatatkan lima gol dari 33 aksinya di semua kompetisi bersama tim Panzer.

Di level klub, Musiala juga mampu mengoleksi 43 gol dan 31 assist di 163 penampilannya bersama Bayern Munich. Padahal dahulu dia pernah bersaing ketat dengan Braif.

Momen itu terjadi ketika Musiala masih menjadi bagian dari tim muda Chelsea. The Blues muda berhadapan melawan Garuda Select yang saat itu diperkuat oleh Braif. Pada pertemuan tersebut, Garuda Select tumbang 2-7 dari Chelsea U-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya