Cuma Ada 2 Kiper yang Bisa Gagalkan Penalti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi

Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo melawan Slovenia
Sumber :
  • AP Photo/Michael Probst

VIVA – Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo adalah dua pencetak gol terbanyak dalam sejarah sepakbola, namun ada dua penjaga gawang yang mampu mengalahkan keduanya melalui titik penalti.

Dianggap Beban, Cristiano Ronaldo Diminta Jadi Cadangan saat Lawan Prancis

Portugal lolos ke delapan besar Euro 2024 dengan kemenangan dramatis adu penalti melawan Slovenia, tetapi Ronaldo-lah yang mencuri berita utama setelah menangis selama perpanjangan waktu.

Usaha Ronaldo digagalkan dari titik penalti oleh Jan Oblak tetapi dengan percaya diri melangkah dalam adu penalti untuk menebus kesalahannya sebelumnya.

Pengakuan Mengejutkan Emiliano Martinez Usai Jadi Pahlawan Argentina saat Adu Penalti

Seperti biasa, bintang Al Nassr ini selalu dibandingkan dengan Messi mengingat status mereka sebagai dua pemain terhebat dalam sejarah sepakbola dan rekor penalti mereka pun demikian.

Di panggung internasional, Messi memiliki tingkat konversi penalti sebesar 82,8 persen setelah mengonversi 24 dari 29 penalti, sementara Ronaldo mencatat tingkat keberhasilan 71,4%, mencetak 20 dari 28.

Drama Adu Penalti Timnas Argentina Vs Ekuador: Lionel Messi Gagal, Emiliano Martinez Jadi Penyelamat

Mantan pemain Barcelona itu juga mengetahui rasa sakitnya karena gagal mengeksekusi tendangan penalti melawan Oblak setelah kiper Atletico Madrid itu gagal mengeksekusi penalti di perempat final Copa del Rey pada tahun 2015.

Oblak dengan cerdik membaca pergerakannya untuk menggagalkan upayanya dari jarak 12 yard, namun Messi melanjutkan aksinya dengan bola pantul yang jatuh ke tangan pemain Argentina itu untuk mencetak gol. 

Sebelum absen pada Senin malam, Ronaldo memiliki rekor sempurna melawan Oblak, mencetak tiga gol lainnya.

Namun hal tersebut tidak berlaku bagi satu-satunya penjaga gawang lain yang menggagalkan peluang Messi dan Ronaldo dari titik penalti - dengan Ronaldo gagal dalam tiga dari empat tendangan yang ia lakukan melawan kiper ini.

Musuh Ronaldo adalah mantan kiper Valencia, Diego Alves. Kiper Brasil ini menyelamatkan penalti Ronaldo di musim debutnya, dan kemudian  pada tahun 2015 serta 2017. 

Pemain asal Portugal itu bukan satu-satunya yang menderita saat melawan Alves, Messi juga gagal mengalahkannya dari titik penalti. Alves menggagalkan upaya penyerang legendaris itu di semifinal Copa del Rey 2012, namun Messi berhasil membalas Alves ketika Barcelona, menyingkirkan Valencia sebelum mengalahkan Athletic Bilbao di final.


Di masa lalu, Messi pernah menyatakan keinginannya untuk meningkatkan tingkat keberhasilannya dari jarak 12 yard. “Saya ingin menjadi lebih efektif dari titik penalti,” kata Messi kepada Radio Catalunya pada tahun 2018.

“Tetapi sulit untuk bekerja pada adu penalti. Membawa mereka ke dalam latihan tidak sama dengan saat di pertandingan. Anda dapat memiliki ide di kepala Anda atau sesuatu yang telah Anda kerjakan, tapi itu lebih sulit daripada yang terlihat.

“Penjaga gawang juga mempunyai banyak kaitan dengan hal itu. Jika tebakannya benar, mereka menyimpannya. Namun jelas bahwa saya ingin menjadi lebih baik dalam mengambil penalti.”
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya