Viral, Video Penyelamatan Kiper Turki Mert Gunok di Euro 2024

Mert Gunok
Sumber :
  • tangkapan layar

VIVA – Kiper Turki, Mert Gunok melakikan salah satu penyelamatan terbaik dalam sejarah Piala Eropa di detik-detik terakhir pertandingan babak 16 besar. Dia tampil apik ketika Turki mengalahkan Austria 2-1.

Dianggap Beban, Cristiano Ronaldo Diminta Jadi Cadangan saat Lawan Prancis

Turki melaju ke babak perempat final Euro 2024 setelah pertemuan menegangkan di Leipzig. Pasukan Vincenzo Montella memulai dengan awal yang sempurna ketika bek tengah Merih Demiral mencetak gol saat pertandingan baru berjalan 57 detik – gol tercepat kedua dalam sejarah Kejuaraan Eropa.

Demiral, yang menjadi ancaman besar di udara sepanjang babak sistem gugur, kemudian menggandakan keunggulan Turki pada menit ke-59 melalui penyelesaian jarak dekat dengan sundulannya.

Kylian Mbappe: Hanya Ada Satu Cristiano Ronaldo, dan Akan Selalu Ada Satu

Austria sempat memperkecil ketertinggaln pada menit ke-66.  Michael Gregoritsch membalaskan satu gol setelah menunjukkan pergerakan hebat di tiang belakang.

Tertinggal satu gol, pasukan Ralf Rangnick membombardir pertahanan Turki. Sebuah peluang emas hadir pada detik-detik terakhir babak kedua. Ya, sepertinya Christoph Baumgartner hendak menyamakan kedudukan ketika kepalanya menyambut umpan silang sempurna.

Spanyol Vs Jerman, Psywar Nagelsmann kepada Lamine Yamal

Namun Mert Gunok membuat ribuan suporter Austria yang hadir, tertegun. Dia melakukan penyelamatan luar biasa dengan menghalau sundulan Baumgartner dari jarak satu meter di depan garis gawang.

Aksi sang kiper pun membuat penggemar di media sosial riuh. "Ketika saya masih kecil, penyelamatan terbesar yang pernah saya baca atau lihat adalah penyelamatan Gordon Banks dari sundulan Pele di Piala Dunia 1970. Penyelamatan Gunok dari sundulan Baumgartner juga sama bagusnya. Ini layak mendapat tempat dalam sejarah kiper."

Yang kedua menulis: "Itu adalah salah satu penyelamatan terhebat yang pernah ada. Benar-benar menakjubkan dari Mert Gunok," sementara yang lain berkomentar: "Mert Gunok itu benar-benar konyol, Pak, salah satu penyelamatan terbaik yang pernah saya lihat."
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya